EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BAMBOO DANCING DENGAN PEMBERIAN TUGAS TERSTRUKTUR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BAMBANGLIPURO

Rina Dewi Nurwijayanti, NIM.: 06600050 (2010) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BAMBOO DANCING DENGAN PEMBERIAN TUGAS TERSTRUKTUR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BAMBANGLIPURO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BAMBOO DANCING DENGAN PEMBERIAN TUGAS TERSTRUKTUR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BAMBANGLIPURO)
06600050 - BAB I DAN PENUTUP.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BAMBOO DANCING DENGAN PEMBERIAN TUGAS TERSTRUKTUR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BAMBANGLIPURO)
06600050 - BAB II SAMPAI BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe bamboo dancing dengan pemberian tugas terstruktur dibandingkan dengan model konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 1 Bambanglipuro pada pokok bahasan logaritma. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan desain Posttest-Only Control Group Design. Variabel bebas pada penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe bamboo dancing dengan pemberian tugas terstruktur, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar kognitif matematika. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X sebanyak 128 siswa yang dikelompokkan dalam 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak kelas karena diketahui bahwa populasi homogen dan berdistribusi normal. Dari pengambilan sampel ditentukan kelas X.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan soal posttest dan observasi. Validitas soal posttest menggunakan validitas isi, validitas konstruk, dan validitas item, sedangkan reliabilitas soal posttest menggunakan nilai alpha yang diperoleh dari hasil analisis iteman. Adapun analisis data menggunakan uji t sampel independen (independent samples t-test). Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji t satu pihak, yaitu pihak kanan dengan signifikansi 5%. Berdasarkan uji prasyarat uji t, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, diketahui bahwa data berdistribusi normal dan data homogen, sehingga uji hipotesis dengan uji-t dapat dilakukan. Pengambilan keputusan adalah H0 ditolak jika t hitung >/ + t tabel. Dari hasil perhitungan pada uji hipotesis, diperoleh t hitung = 2,934 dan t tabel = 2,000, ini berarti t hitung < t tabel, sehingga H0 diterima. Artinya, rata-rata nilai kelas eksperimen lebih kecil daripada rata-rata nilai kelas kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe bamboo dancing dengan pemberian tugas terstruktur tidak lebih efektif dibandingkan model konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa pada mata pelajaran logaritma.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Iwan Kuswidi, S.Pd.I., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: model kooperatif; bamboo dancing; tugas terstruktur; hasil belajar matematika.
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 21 Mar 2023 15:51
Last Modified: 21 Mar 2023 15:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57285

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum