Instagram Religious Moderation Dialogue Space for Generation Z

Rama Kertamukti, - and M. Johan Nasrul, - and Meistra Budiasa, - and M. Thufeil Imtinan, - (2022) Instagram Religious Moderation Dialogue Space for Generation Z. Nyimak Journal of Communication, 6 (2). pp. 229-250. ISSN P-ISSN 2580-3808, E-ISSN 2580-3832

[img]
Preview
Text (Instagram Religious Moderation Dialogue Space for Generation Z)
Instagram Religious Moderation Dialogue Space for Generation Z.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Surat Pernyataan)
surat-surat-pernyataan1679698162.pdf - Published Version

Download (17kB) | Preview

Abstract

Gaya hidup dengan menggunakan media social dan sebagai pemeluk agama menjadikan Generasi Z Indonesia harus dapat menyikapi perbedaan. Kenyataan yang terjadi di Indonesia media social Instagram sangat disukai dan sesuai dengan gaya hidup mereka. Ruang Instagram dalam aktivitasnya memudahkan penerapan nilai-nilai kearifan untuk menerima perbedaan yang mengarah pada moderasi beragama bagi Generasi Z. Akun @milenialislami.id, @friends_islami, @husein_hadar, ideclare_id, @ yerry_pattinasarany dalam praktik di dalam akun mereka, menjalin diskusi dan aktivitas dalam memberikan moderasi beragama. Akun mereka membangun toleransi dengan aktif,dan memberikan nilai-nilai kearifan didalam kontennya. Penelitian ini menggunakan studi kualitatif dengan studi etnografi virtual. Subjek dalam penelitian ini adalah akun Instagram dengan karakteristik memiliki konten moderasi beragama dampak positif bagi pengikutnya. Pemilihan metodologi Etnografi virtual dapat melihat cara hidup generasi Z dalam beraktivitas keseharian menggunakan atau mengikuti akun-akun media sosial. Hasil dalam penelitian ini adalah akun media sosial sebagai subjek penelitian ini memberikan strategi pesan yang kuatbagi Generasi Z. Pesanpesan dalam akun tersebut disukai generasi Z dalam memahami moderasi beragama karena pesan yang dihasilkan memperhatikan; pesan yang humanis dan memiliki persepsi yang positif dan baik terlihat dari komentar para follower. Pesan yang dibangun menjadikan generasi Z lebih peka sejak awal mengerti tentang perbedaan (bersikap moderat, terbuka dan toleran ditengah perbedaan). Tahapan dalam membangun pesan yang dilakukan akun-akun tersebut adalah yaitu: tahapan mengkreasi pesan, mengevaluasi pesan, memilih, dan mengimplementasikan pesan dengan detail terlihat dalam jumlah follower yang meningkat

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Virtual ethnography, Instagram, Generation Z, religious moderation
Subjects: Media Sosial
Divisions: Artikel (Terbitan Luar UIN)
Depositing User: Dra. Khusnul Khotimah, SS, M.IP -
Date Deposited: 25 Mar 2023 05:56
Last Modified: 25 Mar 2023 06:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57316

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum