EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE GROUP TO GROUP DAN THE LEARNING CELL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP N 13 YOGYAKARTA

Rina Wanti, NIM.: 06600041 (2010) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE GROUP TO GROUP DAN THE LEARNING CELL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP N 13 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE GROUP TO GROUP DAN THE LEARNING CELL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP N 13 YOGYAKARTA)
0600041 - BAB I DAN BAB PENUTUP.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE GROUP TO GROUP DAN THE LEARNING CELL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP N 13 YOGYAKARTA)
0600041 - BAB II SAMPAI BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika melalui metode Group to Group dan The Learning Cell dibandingkan dengan pembelajaran konvensional dengan metode ceramah terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP N 13 Yogyakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Variabel penelitian terdiri dari atas 2 variabel yaitu variabel bebas berupa metode pembelajaran dan variabel terikat berupa hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VII SMP Negeri 13 Yogyakarta sebanyak 135 siswa yang terbagi dalam 4 kelas, sedangkan sampel diambil 3 kelas yang terdiri dari 101 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling dengan subjek kelas dan diperoleh kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen 1 serta kelas VII C sebagai kelas eksperimen 2. Metode pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan instrumen tes dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan uji Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Group to Group dan The Learning Cell tidak lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional dengan metode ceramah dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 13 Yogyakarta. Begitu juga dengan metode Group to Group tidak lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional dengan metode ceramah. Dari hasil perhitungan uji perbedaan rata-rata nilai gain menggunakan nonparametric test didapatkan nilai Asymp. Sig. sebesar 0,326 > 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara ketiga kelas sampel, yang berarti bahwa metode Group to Group dan The Learning Cell tidak lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing; Dra. Hj. Khurul Wardati, M.Si
Uncontrolled Keywords: efektivitas pembelajaran; group to group; the learning cell; hasil belajar matematika
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 28 Mar 2023 09:50
Last Modified: 28 Mar 2023 09:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57406

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum