ANALISIS REGRESI LOGISTIK MULTINOMIAL DENGAN VARIABEL DEPENDENT BERSKALA ORDINAL (Studi Kasus: Perbedaan Jumlah Pengeluaran Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang Tinggal di Indekos)

Samsul Hadi, NIM.: 04610038 (2010) ANALISIS REGRESI LOGISTIK MULTINOMIAL DENGAN VARIABEL DEPENDENT BERSKALA ORDINAL (Studi Kasus: Perbedaan Jumlah Pengeluaran Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang Tinggal di Indekos). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS REGRESI LOGISTIK MULTINOMIAL DENGAN VARIABEL DEPENDENT BERSKALA ORDINAL (STUDI KASUS: PERBEDAAN JUMLAH PENGELUARAN MAHASISWA FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA YANG TINGGAL DI INDEKOS))
04610038 - BAB I DAN PENUTUP.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS REGRESI LOGISTIK MULTINOMIAL DENGAN VARIABEL DEPENDENT BERSKALA ORDINAL (STUDI KASUS: PERBEDAAN JUMLAH PENGELUARAN MAHASISWA FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA YANG TINGGAL DI INDEKOS))
04610038 - BAB I SAMPAI BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Metode regresi menjadi suatu komponen yang penting dalam suatu analisis data yang berkenaan dengan hubungan antara variabel dependent (respon) dengan variabel independent (prediktor). Variabel yang dianalisis dengan model regresi dapat berupa variabel kuantitatif dan dapat pula berupa variabel kualitatif. Dalam tulisan ini penulis membahas tentang regresi logistik multinomial yang digunakan pada kasus dengan kategori variabel dependent tidak biner. Model regresi logistik dibedakan berdasarkan pengukuran pada variabel dependentnya, yaitu regresi logistik multinomial dengan variabel dependent berskala nominal dan regresi logistik multinomial dengan variabel dependent berskala ordinal. Pada pembahasan ini variabel dependentnya berskala ordinal. Analisis regresi logistik banyak dimanfaatkan pada penelitian dengan variabel dependent berskala nominal/ordinal serta variabel independentnya lebih dari dua. Dalam penelitian ini analisis regresi logistik multinomial diterapkan pada perbedaan jumlah pengeluaran mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang tinggal di indekos. Tujuan studi kasus ini adalah untuk mengetahui variabel–variabel apa saja yang berpengaruh terhadap perbedaan jumlah pengeluaran mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang tinggal di Indekos. Berdasarkan uji statistik yaitu uji rasio likelihood dengan bantuan program SPSS dalam mengolah datanya diperoleh bahwa dari variabel–variabel perbedaan jumlah pengeluaran mahasiswa seperti makan ( ), teman dekat (pacar) ( ), alat transportasi ( ), dan pengeluaran untuk tugas bahan kuliah ( ). Ternyata hanya variabel (pacar) ( ) dan alat transportasi ( ) yang mempengaruhi secara signifikan perbedaan jumlah pengeluaran mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang tinggal di Indekos.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEmbimbing;Sri Utami Zuliana S.Si., M.Sc
Uncontrolled Keywords: regresi logistik; variabel dependent; variabel independent
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Perguruan Tinggi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 28 Mar 2023 11:21
Last Modified: 28 Mar 2023 11:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57416

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum