PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD MUHAMMADIYAH BOGOR

Rizki Suti Anggraeni, NIM.: 14480006 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD MUHAMMADIYAH BOGOR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD MUHAMMADIYAH BOGOR)
14480006_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD MUHAMMADIYAH BOGOR)
14480006_BAB II_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Proses pembelajaran Matematika di SD Muhammadiyah Bogor, guru masih menjadi pusat kegiatan belajar di kelas, tidak adanya pembentukan kelompok-kelompok belajar saat pembelajaran, kurang adanya kesempatan siswa untuk bertanya atau menyampaikan pendapat sehingga berpengaruh pada kemampuan kerjasama siswa. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) diyakini mampu mengatasi permasalahan tersebut dikarenakan dalam pelaksanaannya membagi siswa ke dalam kelompok-kelompok untuk berdiskusi dan bekerjasama dengan anggota kelompoknya Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap kemampuan kerjasama siswa kelas IV pada pembelajaran Matematika di SD Muhammadiyah Bogor. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Experimental Design (eksperimen semu). Variabel yang diteliti dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) sebagai variabel bebas dan kemampuan kerjasama sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Muhammadiyah Bogor, dengan sampel siswa kelas IV A dan IV B. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu angket kemampuan kerjasama dan lembar observasi kerjasama. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan uji independent sampel test dengan bantuan software IBM Statistic 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Turnament (TGT) terhadap kemampuan siswa kelas IV terlihat dari hasil uji independent sampel test kemampuan kerjasama akhir nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,0055 < 0,05, yang artinya kemampuan kerjasama siswa pada pembelajaran Matematika yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) lebih tinggi daripada model pembelajaran kooperatif dengan diskusi kelompok tanpa game dan tournament.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Fitri Yuliawati, M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Matematika SD/MI, Model pembelajaran Kooperatif tipe TGT, Kemampuan Kerjasma Siswa
Subjects: Matematika
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 30 Mar 2023 13:27
Last Modified: 30 Mar 2023 13:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57577

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum