UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA DAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI TIPE BUZZ GROUP PADA MATERI POKOK SISTEM REPRODUKSI KELAS XI MAN II YOGYAKARTA TA 2009/2010

Sutartini, NIM.: 02451448 (2010) UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA DAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI TIPE BUZZ GROUP PADA MATERI POKOK SISTEM REPRODUKSI KELAS XI MAN II YOGYAKARTA TA 2009/2010. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA DAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI TIPE BUZZ GROUP PADA MATERI POKOK SISTEM REPRODUKSI KELAS XI MAN II YOGYAKARTA TA 2009/2010)
02451448 - BAB I DAN PENUTUP.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA DAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI TIPE BUZZ GROUP PADA MATERI POKOK SISTEM REPRODUKSI KELAS XI MAN II YOGYAKARTA TA 2009/2010)
02451448 - BAB II SAMPAI BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi siswa dan prestasi belajar biologi dengan menggunakan metode diskusi tipe Buzz Group pada materi pokok sistem reproduksi kelas XI MAN II Yogyakarta TA 2009/2010. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN II Yogyakarta tahun ajaran 2009/2010. Data yang dikumpulkan berupa data partisipasi siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi tipe Buzz Group dengan menggunakan lembar observasi dan data prestasi belajar biologi siswa dengan menggunakan Pre Test dan Post Test. Data partisipasi dan prestasi belajar tersebut kemudian dianalisis secara deskriptif dengan menyajikan tabel distribusi frekuensi data tunggal dan tabel distribusi relatif yang telah melalui proses kuantifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode diskusi tipe Buzz Group dapat meningkatkan partisipasi dan prestasi belajar biologi siswa kelas XI MAN II Yogyakarta. Banyaknya siklus pembelajaran yang dibutuhkan untuk mencapai peningkatan partisipasi dan prestasi belajar biologi siswa sebanyak dua siklus. Peningkatan partisipasi siswa yang muncul adalah: membaca buku referensi meningkat 41,6%, membaca selain buku referensi meningkat 66,7%, mengamati meningkat 54,1%, mendengarkan meningkat 45, 8%, menerima pendapat teman satu kelompok meningkat 25,0%, menjawab pertanyaan guru meningkat 33,3%, menjawab pertanyaan teman satu kelompok meningkat 33,3%, menjawab pertanyaan teman beda kelompok meningkat 50,0%, bertanya pada guru meningkat 33, 3%, bertanya pada teman satu kelompok meningkat 50, 0%, bertanya pada teman beda kelompok meningkat 41,6%, presentasi meningkat 12,5%, menanggapi guru meningkat 29, 2%, menanggapi teman satu kelompok meningkat 20, 8%, dan menanggapi pendapat teman beda kelompok meningkat 33,3%. Peningkatan prestasi belajar diperoleh effect size sebesar 1, 41.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Suhardi, M. Pd
Uncontrolled Keywords: prestasi; pembelajaran; diskusi; Buzz Group
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 31 Mar 2023 10:12
Last Modified: 31 Mar 2023 10:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57631

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum