Persepsi Remaja Muslim Yogyakarta Terhadap Peredaran Hoaks di Media Sosial

Yanti Dwi Astuti, - and Mustofa, - (2020) Persepsi Remaja Muslim Yogyakarta Terhadap Peredaran Hoaks di Media Sosial. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 14 (1). pp. 47-62. ISSN ISSN: 1978-1621 (print) dan 2548-9496 (online)

[img]
Preview
Text (Persepsi Remaja Muslim Yogyakarta Terhadap Peredaran Hoaks di Media Sosial)
Persepsi Remaja Muslim Yogyakarta Terhadap Peredaran Hoaks di Media Sosial.pdf - Published Version

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Surat)
surat-surat-pernyataan1680670295.pdf - Published Version

Download (18kB) | Preview
Official URL: https://doi.org/10.24090/komunika.v14i1.2865

Abstract

Penelitian ini mencoba untuk mengungkap bagaimana persepsi dan interpretasi remaja muslim mengenai berita hoaks yang kerap beredar di media sosial Fenomena penyebaran hoaks atau berita bohong mendapat momen besar ketika media sosial menjadi sangat umum berkembang di zaman internet. Masyarakat menjadi agen penyebaran Hoaks karena percaya dengan konten hoaks. Kalangan remaja remaja dinilai paling rentan terpengaruh berita bohong atau hoaks karena karakteristiknya cenderung eksploratif, selalu ingin tahu, mudah terpengaruh dan cenderung menerima begitu saja isi media. Ini dapat menimbulkan bahaya laten dan beragam persepsi yang berpotensi memecah belah masyarakat. Penelitian ini akan menggunakan teori Stimulus, Organisme dan Respon (SOR) melalui pendekatan kualitatif. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui, metode FGD, Observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sementara itu, untuk menjamin validitas data, dilakukan dengan triangulasi data dan sumber. Hasil penelitian mengungkapkan terdapat hubungan antara pemahaman terhadap hoaks dengan penolakan terhadap hoaks. Hal ini menunjukkan bahwa hoaks sebagai berita bohong yang terdesain menjadi ancaman bagi kehidupan sosial. Penelitian menyimpulkan agar masyarakat khususnya remaja muslim memeriksa kembali kebenaran sebuah berita dengan “Tabayyun. Selain itu juga meningkatkan literasi digital agar dapat pintar dan kritis dalam bermedia.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Social Media, Perception, Hoax, Muslim Youth
Subjects: Media Sosial
Divisions: Artikel (Terbitan Luar UIN)
Depositing User: Dra. Khusnul Khotimah, SS, M.IP -
Date Deposited: 05 Apr 2023 12:01
Last Modified: 05 Apr 2023 12:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57765

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum