ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EARNINGS RESPONSE COEFFICIENTS PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX

Fuad Zainuddin, NIM.: 04390111 (2011) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EARNINGS RESPONSE COEFFICIENTS PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EARNINGS RESPONSE COEFFICIENTS PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EARNINGS RESPONSE COEFFICIENTS PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Laporan keuangan merupakan bahasa bisnis sebagai alat informasi dan komunikasi yang berguna bagi pihak internal dan pihak eksternal. Seluruh bagian laporan keuangan perusahaan merupakan bagian penting dalam perusahaan. Namun dalam praktiknya laba merupakan salah satu bagian dari laporan keuangan yang mendapat banyak perhatian dan banyak penelitian membuktikan adanya hubungan yang sangat erat antara laba dengan tingkat return saham perusahaan. Besaran yang menunjukkan hubungan antara laba dan return saham disebut dengan koefisien respon laba (ERC). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh persistensi laba, kesempatan bertumbuh, ukuran perusahaan, dan corporate social responsibility (CSR) terhadap koefisien respon laba (ERC). Penelitian ini menggunakan data sekunder yang berupa laporan keuangan tahun 2006 dan 2007. Periodesasi tersebut dipilih dengan mempertimbangkan kelengkapan data penelitian. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda serta pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t, uji f dan koefisien determinasi. Hasil pengujian menyimpulkan bahwa persistensi laba dan kesempatan bertumbuh berpengaruh positif dan signifikan terhadap earning response coefficients. Sedangkan ukuran perusahaan berpengaruh negative dan signifikan terhadap earning response coefficients. Variable CSR tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap earning response coefficients. Kondisi ini menunjukkan bahwa informasi CSR yang diungkapkan oleh perusahaan dalam laporan tahunan direspon baik oleh investor, akan tetapi investor tetap menggunakan informasi laba sebagai proksi expected future earnings.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Misnen Ardiansyah, SE, M.Si.dan Drs. A. Yusuf Khoiruddin, SE, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Earning Response Coefficients, Corporate Social Responsibility, Persistensi Laba, Kesempatan Bertumbuh, Dan Ukuran Perusahaan
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 13 Apr 2023 14:22
Last Modified: 15 Aug 2023 13:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57972

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum