PERBANDINGAN BEBAN BIAYA DANA TALANGAN HAJI BSM TERHADAP BSM WARUNG MIKRO, KREDIT MULTIGUNA MANDIRI, DAN KREDIT USAHA MIKRO MANDIRI

Kholifatul Ulfah, NIM.: 07390097 (2011) PERBANDINGAN BEBAN BIAYA DANA TALANGAN HAJI BSM TERHADAP BSM WARUNG MIKRO, KREDIT MULTIGUNA MANDIRI, DAN KREDIT USAHA MIKRO MANDIRI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERBANDINGAN BEBAN BIAYA DANA TALANGAN HAJI BSM TERHADAP BSM WARUNG MIKRO, KREDIT MULTIGUNA MANDIRI, DAN KREDIT USAHA MIKRO MANDIRI)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERBANDINGAN BEBAN BIAYA DANA TALANGAN HAJI BSM TERHADAP BSM WARUNG MIKRO, KREDIT MULTIGUNA MANDIRI, DAN KREDIT USAHA MIKRO MANDIRI)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Dana talangan haji adalah pinjaman dana talangan dari bank kepada nasabah khusus untuk menutupi kekurangan dana untuk memperoleh kursi atau porsi haji. Nasabah wajib untuk mengembalikan secepatnya sejumlah yang dipinjam setelah jangka waktu tertentu. Dana talangan haji juga bisa diperoleh dengan mengambil pembiayaan kredit multiguna. Bagi pengusaha juga bisa memanfaatkan pembiayaan warung mikro atau kredit usaha mikro jika ingin menggunakan kredit tersebut untuk mengembangkan usahanya dulu karena untuk bisa berangkat haji membutuhkan waktu yang lama baru bisa berangkat dengan syarat sudah mendapatkan porsi haji. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah perbedaan perhitungan beban biaya Dana Talangan Haji BSM terhadap BSM Warung Mikro, Kredit Multiguna Mandiri, dan Kredit Usaha Mikro Mandiri cukup bermakna untuk dipertimbangkan. Sejalan dengan masalah dan tujuan penelitian, maka pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif kuantitatif, dengan metode penelitian studi deskriptif komparatif. Untuk pengumpulan data yang diperlukan, dilakukan survey lapangan melalui wawancara dengan staf perusahaan, serta melakukan pengumpulan brosur-brosur yang terkait. Dari penelitian yang dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa prosentase beban biaya pada produk dana talangan haji lebih sedikit dibandingkan dengan produk warung mikro. Pada produk Kredit Multiguna Mandiri prosentase beban biayanya lebih banyak bila dibandingkan dengan produk Dana Talangan Haji BSM. Tapi, untuk jangka waktu tiga tahun prosentase beban biayanya lebih sedikit daripada pada Dana Talangan Haji. Prosentase beban biaya Kredit Usaha Mikro Mandiri lebih tinggi dibandingkan pada Dana Talangan Haji.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Hj. Widyarini, MM dan M. Kurnia R. Abadi, S.E., M.M.
Uncontrolled Keywords: Akad Qard, Pembiayaan Bank Syariah, Dana Talangan Haji, Akad Ijarah
Subjects: Keuangan Islam
Haji
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 18 Apr 2023 12:36
Last Modified: 18 Apr 2023 12:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58103

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum