PENGARUH PEMANFAATAN ELEKTRONIK JURNAL JSTOR TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA

Vidiastuti Muljono, NIM.: 20200012059 (2022) PENGARUH PEMANFAATAN ELEKTRONIK JURNAL JSTOR TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PEMANFAATAN ELEKTRONIK JURNAL JSTOR TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA)
20200012059_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENGARUH PEMANFAATAN ELEKTRONIK JURNAL JSTOR TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA)
20200012059_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

JSTOR adalah kumpulan jurnal koleksi dari Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang memiliki cakupan materi yang sangat luas terkait dengan banyak pelajaran di bidang humaniora, sains, dan studi Islam. Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta telah lama berlangganan jurnal ini yang mencakup total 2891 judul. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui pemanfaatan elektronik jurnal JSTOR di Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta; 2) mengetahui pemenuhan kebutuhan informasi pemustaka di Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta; dan 3) mengetahui pengaruh pemanfaatan elektronik jurnal JSTOR terhadap pemenuhan kebutuhan informasi pemustaka di Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Pendekatan kuantitatif diadopsi dalam penyelidikan ini. Penelitian ini terdiri dari dua jenis variabel yaitu variabel yang berhubungan dengan kebutuhan informasi pengguna dan variabel bebas untuk digunakan dalam jurnal elektronik. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna elektronik jurnal JSTOR pada tahun 2021 sebesar 5363. Sampel didapatkan sebesar 98 responden yang dihitung dengan menggunakan rumus Slovin. Data dikumpulkan secara incidental sampling dengan menggunakan kuesioner, pemeriksaan dokumen, dan observasi. Kemudian diolah dengan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Rata-rata pemanfaatan jurnal JSTOR di Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sebesar 3,05 (Baik); nilai terbesar pada kemudahan akses jurnal dimana saja dengan nilai rata-rata 3,74. 2) Ratarata nilai pemenuhan kebutuhan informasi di Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sebesar 3,00 (Baik); nilai terbesar pada kebutuhan informasi yang terkini dan menggunakan pengetahuan sebagai sumber pembelajaran mata kuliah sebesar 3,24. 3) Pemustaka di Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta memanfaatkan elektronik jurnal JSTOR yang berpengaruh positif dan signifikan. Akses elektronik jurnal JSTOR secara keseluruhan berkontribusi 48,5% terhadap pemenuhan kebutuhan informasi bagi pemustaka. Saran 1) Berdasarkan penelitian diharapkan dapat meningkatkan lagi pemanfaatan jurnal secara elektronik. Hal ini dikarenakan, meskipun terdapat nilai yang rendah pada indikator yang dapat diakses secara bersamaan, masih terdapat kemungkinan bahwa pengguna yang menggunakan dua atau lebih akun tidak akan dapat mengakses jurnal tersebut. 2) Diharapkan Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dapat lebih meningkatkan kebutuhan informasi pemustaka dengan menghubungkannya ke sumber-sumber lain. 3) Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dapat terus meningkatkan penggunaan publikasi elektronik, termasuk jurnaljurnal lain yang menjadi langganan Perpustakaan selain jurnal JSTOR.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Anis Masruri, S.Ag.,M.Si
Uncontrolled Keywords: utilization collection; fulfilling information needs; JSTOR; UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Subjects: Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Perpustakaan > Perpustakaan Perguruan Tinggi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 04 May 2023 14:33
Last Modified: 04 May 2023 14:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58302

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum