ANALISIS PESAN DAKWAH HABIB HUSEIN JA’FAR AL-HADAR DI MEDIA SOSIAL TIKTOK @huseinjafar (EDISI RAMADHAN 1443)

Fatichatir Rizqiya, NIM.: 18102010031 (2023) ANALISIS PESAN DAKWAH HABIB HUSEIN JA’FAR AL-HADAR DI MEDIA SOSIAL TIKTOK @huseinjafar (EDISI RAMADHAN 1443). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PESAN DAKWAH HABIB HUSEIN JA’FAR AL-HADAR DI MEDIA SOSIAL TIKTOK @huseinjafar (EDISI RAMADHAN 1443))
18102010031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PESAN DAKWAH HABIB HUSEIN JA’FAR AL-HADAR DI MEDIA SOSIAL TIKTOK @huseinjafar (EDISI RAMADHAN 1443))
18102010031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Habib Husein Ja’far Al-Hadar menjadi salah satu da’i muda yang populer dengan keunikan cara dakwahnya. Salah satu cara dakwahnya yaitu dengan memanfaatkan media sosial TikTok sebagai medianya. Media sosial TikTok merupakan aplikasi yang membagikan video pendek dengan durasi 15 detik sampai 3 menit. Penelitian ini bertujuan menjawab permasalahan tentang bagaimana pesan dakwah Habib Husein Ja’far Al-Hadar, meliputi masalah akidah (keimanan), masalah akhlak (budi pekerti) dan masalah syari’ah(keislaman) yang disampaikan melalui dakwahnya di media sosial TikTok selama bulan Ramadhan 1443 H. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan deskriptif analitis isi pesan oleh Holsti. Subjek penelitian ini adalah konten video dakwah Habib Husein Ja’far selama Ramadhan 1443 H yang terdiri sebanyak 21 video dakwah melalui teknis purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, kemudian peneliti melakukan analisis datanya menggunakan teknik analisis datanya dari model Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian menunjukkan terdapat 21 video konten yang terdapat pesan dakwah akidah, akhlak dan syariah. Pesan akidah meliputi iman kepada Allah berupa keyakinan dan ketaatan seorang hamba terhadap ketetapan Allah SWT. Pesan Akhlak meliputi akhlak kepada Allah, yakni sikap ikhlas, sabar dan syukur seorang hamba terhadap ketentuan dan perintah Allah. Kemudian pesan Akhlak kepada manusia yang membahas bentuk perilaku, tindakan dan ucapan terhadap sesama maupun kepada manusia atau diri sendiri. Terakhir pesan syariah yang membahas tentang keislaman baik tentang ibadah maupun syarat dan ketentuan di dalam ibadah itu sendiri. Semua pesan dakwah Habib Husein Ja’far Al-Hadar pada media sosial TikTok edisi Ramadhan 1443 H didominasi oleh pesan dakwah akhlak kepada manusia terutama akhlak kepada manusia itu sendiri (diri sendiri) untuk menjadi pribadi muslim muslimah yang taat dan berakhlak mulia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Hj. Evi Septiani TH, M.Si
Uncontrolled Keywords: TikTok, Pesan Dakwah, Habib Husein Ja’far Al-Hadar
Subjects: Dakwah > Media Dakwah
Media Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 May 2023 15:00
Last Modified: 11 May 2023 15:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58500

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum