EFEKTIVITAS PENERAPAN TEORI VYGOTSKY DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD IT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN

Mulia Dani, NIM.: 20204012032 (2023) EFEKTIVITAS PENERAPAN TEORI VYGOTSKY DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD IT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENERAPAN TEORI VYGOTSKY DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD IT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN)
20204012032_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENERAPAN TEORI VYGOTSKY DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD IT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN)
20204012032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (914kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena setelah melewati masa pandemi COVID-19 yang proses pembelajaran dilaksankan dengan tidak tatap muka dan hanya menggunakan media online seperti google classroom, whatsapp, dan zoom sehingga motivasi dan keaktifan belajar siswa mengalami penurunan, selain itu dalam proses pembelajaran di kelas masih berpusat pada guru sehingga siswa lebih dominan diam dan pasif dalam pembelajaran, yang akibatnya proses pembelajaran yang kurang baik. Penerapan teori Vygotsky menjadi alternatif, yang dalam penerapannya menggunakan konsep zone of proximal development (ZPD) yaitu penyelesaian tugas dibantu oleh orang dewasa (guru) atau temen sebaya yang lebih terampil dan scaffolding yaitu pemberian bantuan, dukungan kepada siswa dengan asumsi dapat efektif dalam meningkatkan motivasi dan keaktifan belajar siswa Penelitian ini untuk mendeskripsikan langkah penerapan teori Vygotsky, serta untuk mengetahui efektivitas penerapan teori Vygotsky dalam meningkakan motivasi belajar dan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Lalu dibandingkan antara motivasi belajar dan keaktifan belajar siswa kelas eksperimen yang menerapkan teori Vygotsky dalam pembelajaran dengan kelas kontrol yang tidak menerapkan teori Vygotsky. Selanjutnya, menghitung hasil pengukuran peningkatan motivasi belajar dan keaktifan belajar siswa kelas eksperimen sebelum dan sesudah menerapkan teori Vygotsky. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, lalu mamakai metode quasi experiment dengan desain penelitian non equivalent pre-test post-test control group. Dalam penelitian ini variabel bebas (X) yaitu teori Vygotsky yang diterapkan di kelas eksperimen dan terdapat dua variabel terikat (Y) diantaranya variabel terikat pertama (Y1) yaitu motivasi belajar dan variabel terikat kedua (Y2) yaitu keaktifan belajar siswa. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji independent sample t-test, uji paired sampel t-test, dan uji korelasi bivariate pearson. Hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara motivasi belajar dan keaktifan belajar siswa di kelas eksperimen yang menerapkan teori Vygotsky dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan teori Vygotsky dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Hal tersebut dibuktikan dengan pengukuran data post-test dengan nilai sig. (2-tailed) motivasi belajar 0,000 dan nilai sig. (2-tailed) keaktifan belajara siswa 0,001 kedua nilai sig. (2-tailed) diketahui lebih kecil (<) dari (a) 0,05 yang artinya adanya perbedaan antara motivasi belajar dan keaktifan belajar dikelas eksperimen yang menerapkan teori Vygotsky dengan kelas kontrol yang tidak menerapkannya. Sehingga, dinyatakan bahwa teori Vygotsky efektif dalam meningkatkan motivasi belajar dan keaktifan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. H. Sukiman, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: vygotsky theory; learning motivation; student learning activity
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 17 May 2023 09:45
Last Modified: 17 May 2023 09:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58679

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum