PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PERHATIAN ORANG TUA DAN LINGKUNGAN MASYARAKAT TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PAI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SATU ATAP KALIANGKRIK MAGELANG

Khanifatul Azizah, NIM.: 20204011057 (2023) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PERHATIAN ORANG TUA DAN LINGKUNGAN MASYARAKAT TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PAI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SATU ATAP KALIANGKRIK MAGELANG. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PERHATIAN ORANG TUA DAN LINGKUNGAN MASYARAKAT TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PAI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SATU ATAP KALIANGKRIK MAGELANG)
20204011057_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PERHATIAN ORANG TUA DAN LINGKUNGAN MASYARAKAT TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PAI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SATU ATAP KALIANGKRIK MAGELANG)
20204011057_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang adanya penurunan prestasi belajar PAI kelas VIII dalam kurun waktu satu tahun terakhir. Prediktor yang diduga mempengaruhi prestasi belajar PAI kelas VIII ini adalah persepsi siswa tentang perhatian orang tua dan lingkungan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh persepsi siswa tentang perhatian orang tua dan lingkungan masyarakat secara simultan terhadap prestasi belajar mata pelajaran PAI siswa kelas VIII SMPN 3 Satu Atap Kaliangkrik Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear berganda. Dalam pengambilan data, penelitian ini menggunakan menggunakan metode probability sampling dengan teknik simple random sampling dengan responden berjumlah 88 siswa dari total 114 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tiga teknik yaitu kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan (bersama-sama) antara persepsi siswa tentang perhatian orang tua dan lingkungan masyarakat terhadap prestasi belajar mata pelajaran PAI. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil Fhitung = 3,454 < Ftabel = 3,10 sehingga Ho ditolak. Kontribusi yang disumbangkan oleh kedua variabel bebas (X1 dan X2) terhadap variabel terikat (Y) adalah sebesar 0,089 atau 8,9%, sedangkan sisanya sebesar 91,1% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sembodo Ardi Widodo, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: student perception; parental attention; community environment; PAI learning achievement
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 17 May 2023 12:56
Last Modified: 17 May 2023 12:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58686

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum