ANALISIS KESALAHAN SINTAKSIS BUKU PELAJARAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNTUK SISWA SMA DAN SMK MUHAMMADIYAH KELAS XII CETAKAN KETIGA TAHUN AJARAN 2022/2023

Atina Fahma Rosyada, NIM.: 16420027 (2023) ANALISIS KESALAHAN SINTAKSIS BUKU PELAJARAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNTUK SISWA SMA DAN SMK MUHAMMADIYAH KELAS XII CETAKAN KETIGA TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KESALAHAN SINTAKSIS BUKU PELAJARAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNTUK SISWA SMA DAN SMK MUHAMMADIYAH KELAS XII CETAKAN KETIGA TAHUN AJARAN 2022/2023)
16420027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KESALAHAN SINTAKSIS BUKU PELAJARAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNTUK SISWA SMA DAN SMK MUHAMMADIYAH KELAS XII CETAKAN KETIGA TAHUN AJARAN 2022/2023)
16420027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang beberapa kesalahan berbahasa aspek sintaksis yang terjadi dalam penulisan buku pelajaran Pendidikan Bahasa Arab Untuk Siswa SMA dan SMK Muhammadiyah Kelas XII Cetakan Ketiga. Tidak hanya membahas tentang kesalahan-kesalahan sintaksis yang terdapat dalam buku tersebut, namun juga disertai dengan adanya upaya taṣwīb atau pembetulan sebagai evaluasi dan pemaparan dari hasil analisis yang telah dilakukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research), dengan menggunakan analisis isi (content analysis) sebagai teknik analisis data. Adapun objek penelitian menggunakan buku pelajaran Pendidikan Bahasa Arab Untuk Siswa SMA dan SMK Muhammadiyah Kelas XII Cetakan Ketiga. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa adanya kesalahan-kesalahan berbahasa aspek sintaksis dalam buku pelajaran Pendidikan Bahasa Arab Untuk Siswa SMA dan SMK Muhammadiyah Kelas XII Cetakan Ketiga. Terdapat beberapa kategori kesalahan yang ditemukan (merujuk pada klasifikasi berdasarkan kitab Jami’ ad-Durūs al-‘Arabiyyah): al-Mubtada’ wa al-Khabar sebanyak 2 kesalahan, Maf’ūl Bih sebanyak 5 kesalahan, Jar Majrūr sebanyak 2 kesalahan, Iḍāfah / Muḍāf Ilaih sebanyak 2 kesalahan, Badal sebanyak 1 kesalahan, dan al-Ma’ṭūf bi al-Harfi sebanyak 4 kesalahah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hj. R Umi Baroroh, S.Ag, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kesalahan Berbahasa, Sintaksis, Buku Teks
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Buku
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 19 May 2023 08:46
Last Modified: 19 May 2023 08:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58712

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum