EKSPLORASI UPAYA PSIKOLOGIS GURU FIQIH DALAM MENINGKATKAN RANAH KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH BESERTA FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT DI KELAS IX MTS NU AL MUNAWWAROH DAWE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Arifatun Ilmia, NIM.: 17104010013 (2023) EKSPLORASI UPAYA PSIKOLOGIS GURU FIQIH DALAM MENINGKATKAN RANAH KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH BESERTA FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT DI KELAS IX MTS NU AL MUNAWWAROH DAWE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EKSPLORASI UPAYA PSIKOLOGIS GURU FIQIH DALAM MENINGKATKAN RANAH KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH BESERTA FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT DI KELAS IX MTS NU AL MUNAWWAROH DAWE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2021/2022)
17104010013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EKSPLORASI UPAYA PSIKOLOGIS GURU FIQIH DALAM MENINGKATKAN RANAH KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH BESERTA FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT DI KELAS IX MTS NU AL MUNAWWAROH DAWE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2021/2022)
17104010013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah guru memiliki peran penting dalam proses belajar, guna mengoptimalkan proses belajar peran guru tidak hanya menguasai materi dan metode pembelajaran tetapi juga harus memahami dasar-dasar pendidikan. Dengan ini, guru dapat menjadi peran penting untuk memotivasi pesera didik dalam proses belajar mengajar. Dalam kegiatan belajar mengajar baik mata pelajaran Fiqih, aspek kognitif merupakan salah satu aspek penting dalam perkembangan peserta didik untuk menentukkan keberhasilan belajar. Ada beberapa masalah terkait ranah kognitf siswa pada pembelajaran Fiqih di MTs NU Al- Munawwaroh Dawe Kudus, yaitu pertama, daya konsentrasi dan perhatian siswa pada mata pelajaran Fiqih berkurang, hanya 50% siswa yang memperhatikan guru. Kedua, ketika ada PR kebanyakan yang merespon siswa perempuan, yang siswa lakilaki ada yang mengerjakan PR ada juga yang tidak mengerjakan PR sama sekali. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji eksplorasi upaya Psikologis guru Fiqih dalam meningkatkan ranah kognitif siswa dan faktor pendukung juga penghambat yang mempengaruhi ranah kognitif siswa dalam pembelajaran Fiqih. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Subjek dari penelitian ini adalah Guru Fiqih dan 4 orang siswa. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis data dari Milles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Kemudian untuk menguji keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah eksplorasi upaya psikologis guru Fiqih dalam meningkatkan ranah kognitif siswa pada pembelajaran Fiqih kelas IX di MTs NU Al- Munawwaroh Dawe Kudus ialah : 1.) Mengkondisikan kelas dengan memberikan motivasi dan nasehat kepada siswa. 2.) Melakukan pendekatan pada siswa. 3.) membangung komunikasi yang interaktif dengan siswa. 4.) Memberikan contoh teladan kepada siswa. 5.) Melakukan evaluasi dan Melakukan tindak lanjut. Adapun faktor pendukungnya yaitu: dasar kemampuan, lingkungan, perhatian orangtua dan penyampaian materi. Selain itu, ada juga faktor penghambat yang terdiri dari: kesiapan anak, faktor kesadaran juga kemauan menerima pelajaran, dan kurangnya minat belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Radino, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Psikologis Guru Fiqih, Ranah Kognitif, Mata Pelajaran Fiqih
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Psikologi > Psikologi Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 19 May 2023 08:55
Last Modified: 19 May 2023 08:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58715

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum