PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LIFT THE FLAP BOOK UNTUK MENGENALKAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN AWAL ANAK USIA DINI DI LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR MENARA ILMU YOGYAKARTA

Daffa Luthfiana, NIM.: 18104030004 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LIFT THE FLAP BOOK UNTUK MENGENALKAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN AWAL ANAK USIA DINI DI LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR MENARA ILMU YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LIFT THE FLAP BOOK UNTUK MENGENALKAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN AWAL ANAK USIA DINI DI LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR MENARA ILMU YOGYAKARTA)
18104030004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LIFT THE FLAP BOOK UNTUK MENGENALKAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN AWAL ANAK USIA DINI DI LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR MENARA ILMU YOGYAKARTA)
18104030004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian dan pengembangan media pembelajaran lift the flap book sebagai sarana pembelajaran dalam mengenalkan kemampuan keaksaraan awal pada anak ini berawal dari kebutuhan media sebagai bahan ajar anak usia dini. Penelitian ini fokus pada pengembangan media pembelajaran lift the flap mrngenai keaksaraan awal untuk anak usia 4 – 6 tahun di Lembaga Bimbingan Belajar Menara Ilmu Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian ini menggunakan prosedur pengembangan model ADDIE yang meliputi: 1) tahap analisis, 2) tahap desain, 3) tahap pengembangan, 4) tahap implementasi, dan 5) tahap evaluasi. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa wawancara dan angket. Wawancara dilakukan dengan pendiri Menara Ilmu Hasil penelitian dan pengembangan media pembelajaran lift the flap berdasarkan penilaian validator menunjukkan bahwa produk memperoleh skor 3,77 dari dosen ahli materi, ahli desain memberi skor 4,0, dan pendiri Menara Ilmu memberikan skor 3,8. Rata – rata dari penilaian media pembelajaran memperoleh nilai 3,85 dengan kategori Sangat Baik. Hasil uji coba produk mendapatkan nilai rata – rata 3,75 dengan kategori Sangat Baik. Sesuai dengan penilaian validasi dan uji coba produk, maka Media Pembelajaran Lift The Flap Book untuk Mengenalkan Kemampuan Keaksaraan Awal pada Anak Usia Dini dapat dikatakan Layak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Rohinah, S.Pd.I.,M.A.
Uncontrolled Keywords: media pembelajarane; lift the flap; early literacy; tower of science tutoring
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 19 May 2023 10:31
Last Modified: 19 May 2023 10:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58722

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum