MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY DALAM MEMBANGUN KEAKTIFAN BELAJAR PAI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PEMALANG

Naufal Mumtaz, NIM.: 18104010065 (2023) MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY DALAM MEMBANGUN KEAKTIFAN BELAJAR PAI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PEMALANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY DALAM MEMBANGUN KEAKTIFAN BELAJAR PAI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PEMALANG)
18104010065_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY DALAM MEMBANGUN KEAKTIFAN BELAJAR PAI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PEMALANG)
18104010065_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah tidak maksimalnya penggunaan media berbasis ICT dalam pembelajaran PAI di SMA N 1 Pemalang, lengkapnya fasilitas media ICT yang seharusnya dapat dimaksimalkan sehingga akan meningkatkan keaktifan siswa yang berdampak baik pula terhadap prestasi siswa. Penggunaan media berbasis ICT secara maksimal menjadi suatu hal yang sangat penting dalam proses pembelajaran, tanpa memaksimalkan penggunaan media berbasis ICT, tujuan pembelajaran akan lebih lambat tercapai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi penggunaan media berbasis ICT dalam pembelajaran PAI kelas X SMA N 1 Pemalang, dan keaktifan siswa melalui media berbasis ICT dalam pembelajaran PAI di kelas X SMA N 1 Pemalang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan seorang wakil kepala bagian kurikulum SMA N 1 Pemalang, 2 orang guru PAI SMA N 1 Pemalang, dan 4 siswa kelas X SMA N 1 Pemalang sebagai informan penelitian. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan metode keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Kemudian metode analisis data menggunakan model milik Miles dan Hubberman, yaitu reduksi data, penyajian data (display), dan verifikasi data (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Media berbasis ICT yang digunakan dalam pembelajaran di SMA N 1 Pemalang, diantaranya: laptop, power point, LCD/proyektor, audio kelas, website e-learning, serta akses internet melalui WiFi sekolah. Beberapa kekurangan berdasarkan hasil analisa peneliti mengenai penggunaan media berbasis ICT dalam pembelajaran di SMA N 1 Pemalang secara umum diantaranya : kurang maksimalnya para guru termasuk guru PAI dalam menggunakan media berbasis ICT yang sudah memadai, sekolah sendiri tidak memberi program khusus/rutin untuk memberikan pelatihan kepada para guru agar dapat memaksimalkan penggunaan media berbasis ICT dalam tiap pembelajaran. 2) Siswa terlibat dengan baik secara fisik, mental, emosional maupun intelektual dalam proses pembelajaran, diantaranya mengikuti pembelajaran dengan baik, tenang, penuh semangat serta aktif melalui penggunaan media berbasis ICT, untuk bertanya kepada guru PAI terhadap materi yang belum mereka pahami pun mereka tidak ragu-ragu dalam menyampaikannya serta menanggapi apa yang disampaikan guru ketika menjelaskan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Eva Latipah, S.Ag., S.Psi., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Keaktifan, Media Pembelajaran, ICT (Information And Communication Technology)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 19 May 2023 10:27
Last Modified: 19 May 2023 10:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58725

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum