KEMAMPUAN GURU DALAM MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (STUDI KASUS GURU KELAS X MAN DOMPU TAHUN AJARAN 2022/2023)

Listy Adekayanti, NIM.: 18104020010 (2023) KEMAMPUAN GURU DALAM MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (STUDI KASUS GURU KELAS X MAN DOMPU TAHUN AJARAN 2022/2023). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEMAMPUAN GURU DALAM MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (STUDI KASUS GURU KELAS X MAN DOMPU TAHUN AJARAN 2022/2023))
18104020010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (KEMAMPUAN GURU DALAM MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (STUDI KASUS GURU KELAS X MAN DOMPU TAHUN AJARAN 2022/2023))
18104020010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan guru mengelola pembelajaran sangat berpengaruh terhadap keberhasilan suatu proses pembelajaran, termasuk kemampuannya memilih, menggunakan ataupun membuat media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran bahasa Arab pada kelas X MAN Dompu tahun ajaran 2022/2023, 2) Untuk mengetahui faktor apa saja yang menghambat kemampuan guru dalam penggunaan media pembelajaran bahasa Arab siswa kelas X MAN Dompu tahun ajaran 2022/2023, 3) Untuk mengetahui solusi yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi hambatan yang dihadapi dalam penggunaan media pembelajaran bahasa Arab siswa kelas X MAN Dompu tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kasus yang bersifat kualitatif deskriptif. Adapun subyek penelitian dalam penelitian ini adalah Guru bahasa Arab kelas X MAN Dompu tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahap pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran bahasa Arab kelas X MAN Dompu tergolong baik. Hal ini dibuktikan dengan kemampuan yang ditunjukan oleh guru tersebut, yaitu: a) menyiapkan media pembelajaran yang akan digunakan, b) menyiapkan kelas, c) mengenalkan media pembelajaran kepada siswa, d) menggunakan media pembelajaran, e) mengevaluasi media pembelajaran. 2) faktor yang menghambat guru dalam menggunakan media pembelajaran bahasa Arab kelas X MAN Dompu adalah: a) keterbatasan dana madrasah, b) keterbatasan alat seperti LCD, c) keterbatasan jaringan internet, d) kurangnya pelatihan untuk guru dalam menggunakan media. 3) Solusi yang dilakukan guru dalam mengatasi hambatan menggunakan media: a) meminimalkan penggunaan dana dengan membuat media sederhana namun efektif, b) meningkatkan kemampuan menggunakan media dengan melakukan kerjasama antar guru untuk bertukar pengetahuan, c) mengaktifkan guru dalam kegiatan MGMP.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Dailatus Syamsiyah, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Guru, Media Pembelajaran, Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 19 May 2023 10:29
Last Modified: 19 May 2023 10:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58727

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum