PENGEMBANGAN MODUL MUHADATSAH CETAK DAN DIGITAL SERTA IMPLEMENTASI PADA MADRASAH TINGKAT TSANAWIYAH BERBASIS PONDOK PESANTREN DAYAH MODERN TERPADU DESA JONTOR SUBULUSSALAM DAERAH ISTIMEWA ACEH TAHUN AJARAN 2022/2023

Rizky Fitrah Ramadhan, NIM.: 18104020013 (2023) PENGEMBANGAN MODUL MUHADATSAH CETAK DAN DIGITAL SERTA IMPLEMENTASI PADA MADRASAH TINGKAT TSANAWIYAH BERBASIS PONDOK PESANTREN DAYAH MODERN TERPADU DESA JONTOR SUBULUSSALAM DAERAH ISTIMEWA ACEH TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL MUHADATSAH CETAK DAN DIGITAL SERTA IMPLEMENTASI PADA MADRASAH TINGKAT TSANAWIYAH BERBASIS PONDOK PESANTREN DAYAH MODERN TERPADU DESA JONTOR SUBULUSSALAM DAERAH ISTIMEWA ACEH TAHUN AJARAN 2022/2023)
18104020013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL MUHADATSAH CETAK DAN DIGITAL SERTA IMPLEMENTASI PADA MADRASAH TINGKAT TSANAWIYAH BERBASIS PONDOK PESANTREN DAYAH MODERN TERPADU DESA JONTOR SUBULUSSALAM DAERAH ISTIMEWA ACEH TAHUN AJARAN 2022/2023)
18104020013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pondok pesantren Dayyah Terpadu Modern merupakan pondok pesantren berbasis modern, salah satu tujuan pesantren modern ialah peserta didik mampu menggunakan bahasa Arab secara aktif. Modul atau buku saku siswa merupakan salah satu penunjang pembelajaran bahasa Arab maharoh kallam sebagai acuan peserta didik dalam menggunakan percakapan bhasa Arab sehari.hari. Di era ini pererkembangan pembelajaran beralih pada pembelajaran digital. Penelitian ini menggabungkan dua bahan ajar yaitu bahan ajar cetak dan digital muhadasah. Penelitian bertujuan, pertama mengetahui pengembangan modul muhadasah cetak dan digital di Dayah Modern Terpadu desa Jontor Subulussalam Daerah Aceh. Kedua, mengetahui Implementasi modul muhadasah cetak dan digital dalam pembelajaran bahasa Arab di Dayah Modern Terpadu desa Jontor Subulussalam Daerah Aceh. Ketiga, mengetahui efektivitas penggunaan modul muhadasah cetak dan digital dalam proses peningkatan hasil pembelajaran santri di Dayah Modern Terpadu desa Jontor Subulussalam Daerah Aceh Penelitian ini ialah penelitian pengembangan yang menggunakan (R&d) dengan Model ADDIE, analiysis, design, development,implementasion, evaluasi. Teknik pengumpulan data: observasi, wawancara, dokumentasi, angket, tes. Hasil penelitian menunjukan pengembangan modul dilakukan melalui tahapan . analiysis, design, development,implementasion, evaluasi. Implementasi penerapan produk dilaksanakan di sekolah yang diawali dengan pre test, selanjutnya penggunaan produk dalam pembelajaran dan terakhir post test. Efektivitas pembelajaran modul cetak dan digital muhadasah dietahui dari hasil pre-test dan postes yang menunjukan hasil positif dengan nilai <0.01 yang kurang dari <0.005, hal tersebut menunjukan adanya perbedaan antara sebelum dan sesudah penggunaan modul cetak dan digital muhadasah. Produk yang dihasilkan juga telah melalui validasi tim ahli media, ahli materi dan ahli bahasa yang menyatakan bahwa produk yang peneliti hasilkan “layak” digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H Tulus Musthofa, Lc, MA
Uncontrolled Keywords: Modul Muhadastah, Cetak Dan Digital, Pembelajaran Muhadasah
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 19 May 2023 10:31
Last Modified: 19 May 2023 10:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58728

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum