PENERAPAN PEMBELAJARAN SBDP MATERI SENI TARI DI KELAS VB SD NEGERI NOGOPURO

Khofifah Indah Padmasari, NIM.: 18104080068 (2023) PENERAPAN PEMBELAJARAN SBDP MATERI SENI TARI DI KELAS VB SD NEGERI NOGOPURO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN PEMBELAJARAN SBDP MATERI SENI TARI DI KELAS VB SD NEGERI NOGOPURO)
18104080068_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN PEMBELAJARAN SBDP MATERI SENI TARI DI KELAS VB SD NEGERI NOGOPURO)
18104080068_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan yang ditemui yaitu penerapan pembelajaran SBdP seni tari ketika pandemi dirasa kurang karena guru tidak dapat bertatap muka dengan siswa sehingga untuk melakukan keterampilan belum ditemui saat pandemi. Selain itu, guru merasa kesulitan dalam menerapkan model belajar kelompok dan tidak dapat menilai keterampilan siswa secara langsung. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana bentuk penerapan pembelajaran SBdP seni tari di Kelas VB SD Negeri Nogopuro? (2) bagaimana faktor pendukung dan penghambat pada penerapan pembelajaran SBdP seni tari di Kelas VB SD Negeri Nogopuro? (3) bagaimana hasil belajar SBdP seni tari di Kelas VB SD Negeri Nogopuro?. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk mendeskripsikan suatu fenomena secara sistematis dan akurat. Berdasarkan analisis dan pembahasan yang telah dipaparkan oleh peneliti, maka penerapan pembelajaran SBdP materi seni tari di kelas VB SD Negeri Nogopuro dapat diambil kesimpulan yaitu: Bentuk penerapan meliputi (1) Perencanan pembelajaran SBdP seni tari di SD Negeri Nogopuro (2) Pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan menggunakan model pembelajaran kooperatif yang memenuhi kurikulum 2013. (3) Evaluasi pembelajaran seni tari berupa penilaian dalam bentuk pementasan tari kreasi daerah Faktor pendukung penerapan pembelajaran SBdP seni tari di SD Negeri Nogopuro kelas VB yaitu adanya (1) minat belajar (2) fasilitas yang disediakan sekolah (3) pendekatan belajar yang digunakan guru mampu menumbuhkan minat belajar siswa. Penghambat yang ditemukan dalam penerapan pembelajaran diantaranya (1) tingkat kecerdasan yaitu kesulitan dalam menghafal gerakan tari dan siswa kesulitan mengikuti gerakan tari yang cepat (2) fasilitas yang dirasa masih kurang yaitu ruang khusus tari untuk mendukung pembelajaran seni tari dan (3) guru kurang menguasai seni tari. Hasil belajar SBdP seni tari di kelas VB SD Negeri Nogopuro menunjukan bahwa siswa mampu menari dengan percaya diri, siswa mampu menghafal nama-nama tarian tetapi masih kurang dalam menghafal asal daerah, siswa dapat menarikan sesuai dengan iringan, dan siswa mampu menentukan kostum serta properti yang sesuai dengan isi tarian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Alfian Eko Widodo Adi Prasetyo, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Seni Budaya dan Prakarya (SBdP), Sekolah Dasar, Pendidikan Seni Tari
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 19 May 2023 10:37
Last Modified: 19 May 2023 10:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58731

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum