PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BAHASA ARAB BERBASIS ARTICULATE STORYLINE DI MAN 1 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Annisa Eka Rachmawati, NIM.: 19104020005 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BAHASA ARAB BERBASIS ARTICULATE STORYLINE DI MAN 1 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BAHASA ARAB BERBASIS ARTICULATE STORYLINE DI MAN 1 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2022/2023)
19104020005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BAHASA ARAB BERBASIS ARTICULATE STORYLINE DI MAN 1 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2022/2023)
19104020005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah kurangnya penggunaan media pembelajaran bahasa Arab di MAN 1 Boyolali. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif bahasa Arab berbasis Articulate Storyline, 2) untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif bahasa Arab berbasis Articulate Storyline, dan 3) untuk mengetahui respon peserta didik kelas X MIPA 4 di MAN 1 Boyolali. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model Borg & Gall yang terdiri dari langkah mencari potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan uji coba produk. Ahli materi dan ahli media memvalidasi produk. Kemudian peneliti melakukan uji coba produk pada 32 peserta didik kelas X MIPA 4. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah: 1) Produk media pembelajaran interaktif bahasa Arab yang dikembangkan menggunakan bantuan aplikasi Articulate Storyline. Produk tersebut dapat diakses secara online melalui smartphone, laptop, dan komputer. 2) Kelayakan media pembelajaran berada pada kategori layak berdasarkan penilaian ahli materi dengan presentase keidealan sebesar 83,529%. Media pembelajaran ini juga menduduki kategori sangat layak berdasarkan penilaian ahli media dengan presentase keidealan sebesar 95,384%. 3) Respon peserta didik terhadap media pembelajaran interaktif bahasa Arab berbasis Articulate Storyline adalah sangat baik. Peserta didik asyik dan menikmati pembelajaran dengan media tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing; Nurul Huda, S.S., M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: sarana belajar; media pembelajaran; Bahasa Arab; articulate storyline
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 19 May 2023 11:07
Last Modified: 19 May 2023 11:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58737

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum