DAMPAK PROGRAM PERWALIAN TERHADAP TINGKAH LAKU SISWA DI MTS HUFFADH AL ITQONIYAH MAJAPURA BOBOTSARI PURBALINGGA

Yurin Syarifatussaroh, NIM.: 17104010015 (2023) DAMPAK PROGRAM PERWALIAN TERHADAP TINGKAH LAKU SISWA DI MTS HUFFADH AL ITQONIYAH MAJAPURA BOBOTSARI PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DAMPAK PROGRAM PERWALIAN TERHADAP TINGKAH LAKU SISWA DI MTS HUFFADH AL ITQONIYAH MAJAPURA BOBOTSARI PURBALINGGA)
17104010015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (DAMPAK PROGRAM PERWALIAN TERHADAP TINGKAH LAKU SISWA DI MTS HUFFADH AL ITQONIYAH MAJAPURA BOBOTSARI PURBALINGGA)
17104010015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Program perwalian ini sangat membantu wali kelas dalam berkomunikasi dengan siswa, mengevaluasi kegiatan di kelas serta memudahkan dalam memberi arahan, bimbingan dan pendampingan kepada mereka. Harapannya semoga dengan adanya program perwalian ini kegiatan sekolah dapat berjalan dengan baik dan terkondisikan, dapat membantu para siswa dalam berkomunikasi terkait perihal sekolah melalui wali kelasnya masing-masing, serta memberikan dukungan moril kepada setiap siswa, baik semangat maupun motivasi, terkhusus dalam belajar dan beribadah. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui dampak program perwalian terhadap tingkah laku siswa di MTs Huffadh Al Itqoniyah Majapura Bobotsari Purbalingga, serta penghambat dan pendukung program perwalian di MTs Huffadh Al Itqoniyah Bobotsari Purbalingga. Jenis penelitian ini merupakan Field research yang bersifat kualitatif. Pengumpulan data menggunkan metode observasi, wawancara dan dokumentasi dengan mengambil latar di MTs Huffadh Al Itqoniyah Bobotsari Purbalingga. Analisis yang digunakan melalui tahap pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun Uji keabsahan dengan triangulasi sumber. Hasil menunjukan dampaknya terhadap tingkah laku siswa di MTs Huffadh Al Itqoniyah dapat merubah pribadi siswa menjadi lebih baik, dan tercapainya perkembangan anak yang optimal. Faktor penghambat yang dihadapi perwalian terhadap pembentukan perilaku siswa adalah faktor fasilitas yaitu ruangan atau tempat yang tidak memadai untuk melakukan kegiatan bimbingan dan konseling, faktor waktu yaitu kurangnya waktu yang cukup untuk guru maupun siswa dalam melakukan kegiatan bimbingan dan konseling, sedangkan faktor pendukung dalam melaksanakan program perwalian ini bersifat fleksibel dalam menyelesaikan beberapa permasalahan anak. Anak-anak yang antusias dengan program perwalian, ditandai dengan anak-anak yang antusias dalam menceritakan permasalahannya kepada wali kelasnya walaupun di luar jam pelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Radino,M.Ag
Uncontrolled Keywords: program perwalian; dampak tingkah laku; peserta didik
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 19 May 2023 11:11
Last Modified: 19 May 2023 11:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58738

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum