PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-BOOK DALAM PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA SMP MUHAMMADIYAH PLUS KLATEN UTARA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Bellah Asa O’Neal Elmi, NIM.: 17104020085 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-BOOK DALAM PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA SMP MUHAMMADIYAH PLUS KLATEN UTARA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-BOOK DALAM PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA SMP MUHAMMADIYAH PLUS KLATEN UTARA TAHUN PELAJARAN 2022/2023)
17104020085_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-BOOK DALAM PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA SMP MUHAMMADIYAH PLUS KLATEN UTARA TAHUN PELAJARAN 2022/2023)
17104020085_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penguasaan kosakata bahasa arab pada siswa serta belum tersedianya buku penunjang untuk terlaksananya program “Bimbingan Tahfidz 1000 Kosakata Bahasa Arab”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan, kelayakan, dan hasil penguasaan kosakata bahasa Arab siswa melalui media pembelajaran e-book “Kumpulan kosakata bahasa Arab” di SMP Muhammadiyah Plus Klaten Utara. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan model pengembangan Thiagarajan atau 4D (Define, Design, Development, Dissemination). Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, tes, dan angket. Data yang diperoleh adalah hasil uji kelayakan dan uji hipotesis yang berkaitan dengan kelayakan media terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut. (1) Penelitian ini menggunakan model pengembangan Thiagarajan atau 4D dalam mengembangkan media pembelajaran e-book bergambar dengan judul "Kumpulan Kosakata Bahasa Arab. (2) Kelayakan e-book “Kumpulan Kosakata Bahasa Arab” berdasarkan validasi ahli media, ahli materi, guru bahasa Arab, dan angket respon siswa termasuk dalam kategori sangat baik untuk digunakan, sedangkan hasil nilai posttest siswa pada kategori layak digunakan sebagai media pembelajaran. (3) hasil penguasaan kosakata bahasa Arab siswa meningkat dikarenakan adanya media pembelajaran baru berupa e-book “Kumpulan Kosakata Bahasa Arab” sehingga siswa lebih semangat dan berantusias tinggi dalam menggunakannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Dailatus Syamsiyah, S.Ag., M.Ag
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran; 4D; pembelajaran daring; bahasa Arab
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 19 May 2023 14:31
Last Modified: 19 May 2023 14:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58746

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum