AKTUALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGUATKAN MODERASI BERAGAMA DI SMA NEGERI 1 BAMBANGLIPURO BANTUL

Sihono, NIM.: 19104010099 (2023) AKTUALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGUATKAN MODERASI BERAGAMA DI SMA NEGERI 1 BAMBANGLIPURO BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AKTUALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGUATKAN MODERASI BERAGAMA DI SMA NEGERI 1 BAMBANGLIPURO BANTUL)
19104010099_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (AKTUALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGUATKAN MODERASI BERAGAMA DI SMA NEGERI 1 BAMBANGLIPURO BANTUL)
19104010099_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah SMA Negeri 1 Bambanglipuro Bantul terdapat keragaman dalam beragama dan program moderasi beragama berjalan dengan baik walaupun ada beberapa peserta didik yang bersikap intoleran. Oleh karena itu, nilai-nilai Pendidikan Agama Islam perlu diaktualisasikan dalam menguatkan moderasi beragama. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskritif dan mengunakan teori Thomas Lickona tentang pendidikan nilai. Adapun pengumpulan datanya mengunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis datanya peneliti mengunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Bambanglipuro adalah nilai iman, nilai jujur, nilai taat dan nilai toleransi. Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam tersebut diaktualisasikan dalam menguatkan moderasi beragama melalui 3 tahapan. Pertama, moral knowing yaitu proses penyampaian nilai-nilai Pendidikan Agama Islam kepada peserta didik. Kedua, moral felling yaitu peresapan dan perasaan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam pada dalam diri peserta didik dalam menguatkan moderasi beragama. Terakhir, moral acting yaitu peserta didik mengaktualisasikan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam Menguatkan Moderasi Beragama dalam bentuk tindakan yang nyata melalui kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, ekstrakurikuler dan pembudayaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Nur Munajat, M.Si
Uncontrolled Keywords: Aktualisasi Pendidikan, Pendidikan Agama Islam, Moderasi Beragama
Subjects: Moderasi Beragama
Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 22 May 2023 09:05
Last Modified: 22 May 2023 09:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58766

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum