PENERAPAN METODE SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA NYARING SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH BALECATUR GAMPING

Asyifa Luthfiana Arfani, NIM.: 19104080074 (2023) PENERAPAN METODE SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA NYARING SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH BALECATUR GAMPING. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA NYARING SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH BALECATUR GAMPING)
19104080074_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA NYARING SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH BALECATUR GAMPING)
19104080074_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca nyaring siswa kelas III SD Muhammadiyah Balecatur Gamping dengan menggunakan metode pembelajaran scramble. Hal ini dikarenakan masih adanya permasalahan yang timbul dalam penelitian ini, diantaranya yaitu: (1) keterampilan siswa kelas III dalam membaca nyaring masih rendah; (2) siswa kurang antusias dalam pembelajaran membaca, sehingga pembelajaran menjadi kurang kondusif; (3) rata-rata nilai awal pada tes keterampilan membaca nyaring siswa kelas III yaitu sebesar 49,29; dan (4) belum adanya variasi metode pembelajaran lain di kelas dan masih dominan menggunakan metode ceramah. Penulis menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam penelitian ini. Tujuan utama dari penelitian tindakan kelas bukanlah untuk menemukan sesuatu atau menggeneralisasi, melainkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, dengan demikian penelitian ini merupakan bentuk penelitian yang longgar. Penelitian tindakan kelas berfokus pada perbaikan atau penyelesaian masalah. Perbaikan yang dimaksudkan disini yaitu seperti perbaikan proses dan peningkatan hasil pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada keterampilan membaca nyaring siswa. Hal ini dibuktikan bahwa pada pra siklus, rata-rata nilai keterampilan membaca nyaring siswa sebesar 49,29. Kemudian pada siklus I pertemuan 1 menunjukkan adanya peningkatan menjadi 57,50 kemudian meningkat lagi menjadi 62,14 pada siklus I pertemuan 2. Selanjutnya, pada siklus II pertemuan 1, rata-rata nilai yang diperoleh siswa yaitu sebesar 70,00 kemudian mengalami peningkatan lagi menjadi 80,00 pada siklus II pertemuan 2. Selain itu, pencapaian tingkat keberhasilan siswa yang mendapatkan nilai KKM melalui tes keterampilan membaca nyaring juga meningkat. Persentase banyaknya siswa yang mencapai nilai KKM pada pra siklus yaitu sebesar 21,43%. Selanjutnya, pada siklus I pertemuan 1 naik menjadi 35,71% dan meningkat lagi saat siklus I pertemuan 2 menjadi 42,86%. Kemudian, pada siklus II pertemuan 1 meningkat menjadi 64,29% dan meningkat lagi menjadi 89,29% pada siklus II pertemuan 2. Dengan hasil tersebut, indikator keberhasilan penelitian dapat dikatakan telah tercapai dengan minimal 75% siswa harus mendapatkan nilai diatas KKM dan pada penelitian ini yaitu mencapai 89,29%. Oleh karena itu, keterampilan membaca nyaring siswa kelas III SD Muhammadiyah Balecatur dapat meningkat melalui penggunaan metode scramble.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Aninditya Sri Nugraheni, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran; scramble; membaca nyaring
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 22 May 2023 10:24
Last Modified: 22 May 2023 10:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58780

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum