PEREMPUAN PEKERJA DALAM KITAB AL-BUSYRA FI MANAQIB SAYYIDAH KHADIJAH AL-KUBRA KARYA SAYYID MUHAMMAD BIN ALAWI AL-MALIKI AL-HASANI

Manna Syakana, NIM.: 19104010118 (2023) PEREMPUAN PEKERJA DALAM KITAB AL-BUSYRA FI MANAQIB SAYYIDAH KHADIJAH AL-KUBRA KARYA SAYYID MUHAMMAD BIN ALAWI AL-MALIKI AL-HASANI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEREMPUAN PEKERJA DALAM KITAB AL-BUSYRA FI MANAQIB SAYYIDAH KHADIJAH AL-KUBRA KARYA SAYYID MUHAMMAD BIN ALAWI AL-MALIKI AL-HASANI)
19104010118_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PEREMPUAN PEKERJA DALAM KITAB AL-BUSYRA FI MANAQIB SAYYIDAH KHADIJAH AL-KUBRA KARYA SAYYID MUHAMMAD BIN ALAWI AL-MALIKI AL-HASANI)
19104010118_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini dilandasi oleh banyaknya perempuan yang bekerja di berbagai bidang. Perempuan memilih bekerja karena berbagai alasan mulai dari ekonomi, hobi hingga aktualisasi diri. Islam menjelaskan bahwa bekerja bukan hanya diberlakukan untuk laki-laki akan tetapi perempuan juga boleh bekerja. Bekerja memberikan ruang bagi perempuan untuk berperan tidak hanya dalam ranah domestik namun perempuan juga bisa berperan dalam ranah publik. Kitab Al-Busyra adalah salah satu kitab yang menggambarkan tentang perempuan pekerja sehingga peneliti mengambil tema perempuan pekerja dalam kitab Al-Busyra. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pustaka (library research), peneliti menggunakan pendekatan interpretative. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis isi. Perempuan pekerja yang disebutkan dalam kitab Al-Busyra adalah perempuan yang bekerja untuk mengaktualisasikan diri. Aktualisasi diri dalam arti bagaimana perempuan menemukan makna dalam hidupnya. Bekerja memberikan jalan bagi perempuan untuk berkarya, berkreasi, mengekspresikan diri, mengemban diri dan orang lain, membagikan ilmu dan pengalaman, menghasilkan sesuatu, berprestasi, mendapatkan penghargaan dan pencapaian dengan penuh kepercayaan diri. Nilai-nilai Islam dari perempuan pekerja berdasarkan kitab Al-Busyra dapat dilihat dari aspek i'tiqadiyah, khuluqiyah, dan amaliyah. Aspek i'tiqadiyah mencakup keimanan kepada Allah, aspek khuluqiyah mencakup ikhtiar dan tawakal dan aspek amaliyah mencakup manfaat kepada sesama manusia.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbingan: Yuli Kuswandari M.Hum.
Uncontrolled Keywords: perempuan pekerja; nilai-nilai Islam; kitab Al-Busyra
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Profesi > Karir
WANITA DALAM ISLAM
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 22 May 2023 12:35
Last Modified: 22 May 2023 12:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58807

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum