RESPON SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MELALUI E-LEARNING BERBASIS MOODLE DAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA (PTM) DI KELAS 4 SD IT LUQMAN AL HAKIM SLEMAN TAHUN AJARAN 2021/2022

Nida’ Nur Auliya, NIM.: 17104020089 (2022) RESPON SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MELALUI E-LEARNING BERBASIS MOODLE DAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA (PTM) DI KELAS 4 SD IT LUQMAN AL HAKIM SLEMAN TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RESPON SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MELALUI E-LEARNING BERBASIS MOODLE DAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA (PTM) DI KELAS 4 SD IT LUQMAN AL HAKIM SLEMAN TAHUN AJARAN 2021/2022)
17104020089_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (RESPON SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MELALUI E-LEARNING BERBASIS MOODLE DAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA (PTM) DI KELAS 4 SD IT LUQMAN AL HAKIM SLEMAN TAHUN AJARAN 2021/2022)
17104020089_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Respon siswa terhadap pembelajaran mempunyai pengaruh yang penting terhadap proses pembelajaran. Dalam pelaksanaan pembelajaran, respon siswa akan saling berdampingan dengan proses kegiatan pembelajaran, bahkan akan memiliki dampak tersendiri juga. Respon siswa sangat berdampak kepada proses kegiatan pembelajaran sampai pada penilaian hasil belajar siswa. Pada saat pandemi covid-19, pelaksanaan pembelajaran dilakukan secara daring melalui e-learning berbasis moodle. Respon siswa dapat berpengaruh ke arah yang positif maupun negatif, mampu meningkatkan semangat siswa atau sebaliknya menurunkan semangat untuk belajar. Siswa mengalami kesulitan belajar selama menggunakan e-learning berbasis moodle khususnya untuk mata pelajaran bahasa Arab, maka jika respon siswa negatif dapat menyebabkan memiliki nilai di bawah kkm ataupun yang lainnya. Pada akhir tahun 2021 mulai berubah lagi proses pembelajaran secara daring menjadi tatap muka (PTM), sehingga siswa mulai menyesuaikan kembali, itupun akan berdampak kepada respon siswa terhadap proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran bahasa Arab melalui e-learning berbasis moodle dan tatap muka (PTM) di kelas 4 SDIT Luqman Al Hakim Sleman. Metode penelitian pada skripsi ini adalah penelitian kualitatif jenis penelitian lapangan, yaitu memaparkan dan menggambarkan keadaan serta fenomena yang lebih jelas mengenai situasi yang terjadi. Tempat penelitian di SDIT Luqman Al Hakim Sleman. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang didapatkan dari penelitian yaitu respon siswa kelas 4 terhadap pembelajaran bahasa Arab hanya dengan menggunakan e-learning berbasis moodle cukup membantu dalam penyampaian materi. Akan tetapi terkait semangat belajar dan tingkat kepahaman materi melalui e-learning berbasis moodle masih kurang, walaupun dari sekolah memfasilitasi google meet sebagai media pembelajaran untuk tatap muka secara online masih terasa pembelajaran yang kurang interaktif. Respon siswa kelas 4 terhadap proses pembelajaran bahasa Arab setelah diberlakukan kembali secara tatap muka (PTM) menggunakan e-learning berbasis moodle sebagai media pendukung sangat membantu. Untuk semangat siswa belajar di sekolah semakin meningkat, banyak siswa memiliki semangat yang lebih untuk mengikuti pembelajaran bahasa Arab secara tatap muka (PTM).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Nurhadi, S.Ag., M.A.
Uncontrolled Keywords: respon siswa; pembelajaran Bahasa Arab; pembelajaran tatap muka (PTM); e-learning berbasis moodle
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 24 May 2023 11:46
Last Modified: 24 May 2023 11:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58821

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum