IMPLEMENTASI METODE OBJECTIVE MATRIX (OMAX) UNTUK MENGUKUR PRODUKTIVITAS (STUDI KASUS : LANTAI PRODUKSI PT. MITRA DESA PAMARICAN, CIAMIS)

Maulina Halin, NIM.: 19106060056 (2023) IMPLEMENTASI METODE OBJECTIVE MATRIX (OMAX) UNTUK MENGUKUR PRODUKTIVITAS (STUDI KASUS : LANTAI PRODUKSI PT. MITRA DESA PAMARICAN, CIAMIS). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI METODE OBJECTIVE MATRIX (OMAX) UNTUK MENGUKUR PRODUKTIVITAS (STUDI KASUS : LANTAI PRODUKSI PT. MITRA DESA PAMARICAN, CIAMIS))
19106060056_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI METODE OBJECTIVE MATRIX (OMAX) UNTUK MENGUKUR PRODUKTIVITAS (STUDI KASUS : LANTAI PRODUKSI PT. MITRA DESA PAMARICAN, CIAMIS))
19106060056_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pengukuran produktivitas pada perusahaan penting untuk dilakukan karena hasil dari pengukuran ini dapat dijadikan bahan acuan untuk meningkatkan produktivitas dan dapat di ketahui faktor-faktor yang mempengaruhi naik turunnya produktivitas. PT. Mitra Desa Pamarican merupakan salah satu penghasil beras yang terletak di Ciamis, tingkat produktivitas perusahaan dapat diketahui dengan mengukur menggunakan metode Objective Matix (OMAX). Kriteria yang digunakan dalam penelitian ini adalah utilitas jam kerja, utilitas tenaga kerja, konsumsi energi, penggunaan bahan baku, produk cacat dan kerusakan mesin. Selama pengukuran periode 2022 Nilai produktivitas tertinggi diperoleh pada bulan Agustus dengan tingkat produktivitas sebesar dan nilai terendah pada bulan desember dengan tingkat produktivitas sebesar 80. Bobot perbaikan yang diprioritaskan adalah penggunaan bahan baku dan diagram fishbone dilakukan untuk mengetahui sebab akibat turunya produktivitas. Faktor yang menyebabkan adalah bahan baku yang kurang sesuai, kerusakan pada mesin dan operator yang kurang ahli dalam menangani masalah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ir. Yandra Rahadian Perdana, S.T., M.T
Uncontrolled Keywords: Objective Matrix (OMAX), Produktivitas
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 06 Jun 2023 14:51
Last Modified: 06 Jun 2023 14:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59053

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum