KONSELING ADIKSI UNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICACY PENGGUNA BENZO DI BADAN NARKOTIKA NASIONAL PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Lanik Setiawati, NIM.: 19102020047 (2023) KONSELING ADIKSI UNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICACY PENGGUNA BENZO DI BADAN NARKOTIKA NASIONAL PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSELING ADIKSI UNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICACY PENGGUNA BENZO DI BADAN NARKOTIKA NASIONAL PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
19102020047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text (KONSELING ADIKSI UNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICACY PENGGUNA BENZO DI BADAN NARKOTIKA NASIONAL PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
19102020047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan data Badan Narkotika Nasional (BNN) tahun 2015 penggunaan psikotropika yang paling banyak disalahgunakan adalah golongan benzodiazepin. Menurut penelitian Badan Narkotika Nasional Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, penggunaan benzodiazepine secara terus menerus menimbulkan masalah perilaku, emosi dan ketidakberdayaan Penggunaan benzodiazepine dianggap legal karena berdasarkan resep dokter. Namun, penggunaan benzo tersebut disalahgunakan oleh penggunanya. Berdasarkan hasil pra penelitian, pengguna benzo cenderung memiliki gangguan kecemasan, masalah kognitif dan kurangnya self efficacy. Kurangnya self efficacy pada pengguna benzo dapat berpengaruh dalam kegiatan sehari-hari. Pengguna benzo cenderung tidak percaya diri akan kemampuannya untuk melakukan aktivitas tertentu jika tidak mengonsumsi obat-obatan tersebut. Sehingga, pengguna benzo harus melakukan konseling adiksi dengan tujuan agar memiliki kepercayaan kepada diri sendiri untuk berhenti menggunakan obat-obatan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode konseling adiksi untuk meningkatkan self efficacy pengguna benzo di BNNP DIY. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 orang konselor dan 2 orang konseli. Objek penelitian yang digunakan adalah metode konseling adiksi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan wawancara. Metode analisis data dilakukan dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode konseling adiksi yang digunakan adalah motivational interviewing dan cognitive behavioral therapy. Tahap pelaksanaan konseling dengan metode motivational interviewing hampir sama dengan tahap konseling individu pada umumnya yaitu melalui tahap awal (tahap mendefinisikan masalah), tahap inti (tahap kerja), dan tahap akhir (tahap perubahan dan tindakan). Langkah-langkah yang digunakan dalam metode cognitive behavioral therapy yaitu menentukan atau mengidentifikasi masalah konseli, menentukan tujuan rehabilitasi, tindakan atau action, dan evaluasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Zaen Musyrifin, S.Sos.I, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: konseling adiksi; self efficacy; Benzo
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Narkotika
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 23 Jun 2023 10:52
Last Modified: 23 Jun 2023 10:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59225

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum