MANAJEMEN KELAS DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS 4 SD ISLAM TAHFIDZ QUR’AN AS SYAFI’IYAH DITINJAU DARI MUTU PENDIDIKAN

Nur Sabila, NIM.: 17104080047 (2023) MANAJEMEN KELAS DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS 4 SD ISLAM TAHFIDZ QUR’AN AS SYAFI’IYAH DITINJAU DARI MUTU PENDIDIKAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN KELAS DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS 4 SD ISLAM TAHFIDZ QUR’AN AS SYAFI’IYAH DITINJAU DARI MUTU PENDIDIKAN)
17104080047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN KELAS DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS 4 SD ISLAM TAHFIDZ QUR’AN AS SYAFI’IYAH DITINJAU DARI MUTU PENDIDIKAN)
17104080047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Nur Sabila (17104080047), Manajemen Kelas dalam Pembelajaran di Kelas IV SD Islam Tahfidz Qur’an As Syafi’iyah. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibridaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2023. Perubahan peraturan dari pemerintah perihal pelaksanaan pembelajaran di sekolah dari tahun ajaran 2020 hingga tahun 2023 mengalami banyak perubahan. Tahun ajaran 2020/2021 yaitu tahun dimana masa pandemi sedang merambah ke Indonesia sehingga pemerintah mengambil langkah untuk melaksanakan pembelajaran di sekolah secara daring. Tahun 2021/2022, pandemi sudah dapat dikendalikan dengan banyaknya vaksinasi yang digalakkan pemerintah, hal ini juga berdampak pada pembelajaran di sekolah yang mulai terdapat pembelajaran secara campuran antara daring dan luring atau dikenal dengan istilah blended learning. Sedangkan pada tahun ajaran 2022/2023, sudah banyak sekolah yang melaksanakan pembelajaran secara tatap muka total seperti masa sebelum pandemi. Akibat adanya perubahan sistem pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah, maka sekolah harus menggunakan manajemen kelas yang sesuai dengan kondisi tersebut. Manajemen kelas yang sesuai diterapkan di masa ini akan berdampak pada tingkat mutu pendidikan di sekolah. Sehingga manajemen kelas dalam pembelajaran perlu dikaji dan didalami agar dapat merealisasikan mutu pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui dan mengungkap implementasi manajemen kelas dalam pembelajaran di kelas IV SD ditinjau dari mutu pendidikan, 2) mengetahui kesesuaian penerapan manajemen kelas dalam pembelajaran di kelas IV SD ditinjau dari mutu pendidikan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif analitik. Metode penelitian ini adalah metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah, dimana peneliti merupakan instrument kunci. Teknik pengumpulan data yang dilakukan secara triangulasi yaitu dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi manajemen kelas dalam pembelajaran yang dapat mencapai mutu pendidikan menggunakan (1) menciptakan iklim belajar-mengajar yang tepat, (2) mengatur ruangan belajar, dan (3) mengelola interaksi belajar mengajar. Manajemen kelas tersebut jika ditinjau dari mutu pendidikan akan mempunyai tolok ukur pada (1) hasil akhir pendidikan, (2) hasil langsung pendidikan, (3) proses pendidikan, (4)instrumen input dan (5) raw input yang sesuai dengan mutu pendidikan. Manajemen kelas dalam pembelajaran yang sesuai akan berdampak pada hasil akhir pendidikan dan hasil langsung pendidikan yang tuntas, proses pendidikan yang terarah, instrumen input yang terwadai dengan baik serta raw input berupa peserta didik yang paham akan potensi pada dirinya. Hasil juga menunjukkan bahwa sebagian tolak ukur mutu pendidikan sudah terpenuhi dan sesuai, serta ada beberapa tolak ukur mutu pendidikan yang belum tercapai sehingga perlu diperbaiki dan dievaluasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Nur Hidayat, M.Ag
Uncontrolled Keywords: manajemen kelas; pembelajaran; mutu pendidikan
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 04 Jul 2023 09:00
Last Modified: 04 Jul 2023 09:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59405

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum