ANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP MANAJEMEN WAKTU BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V DI MI MUHAMMADIYAH POKO

Imarotun Nasibah, NIM.: 17104080083 (2023) ANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP MANAJEMEN WAKTU BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V DI MI MUHAMMADIYAH POKO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP MANAJEMEN WAKTU BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V DI MI MUHAMMADIYAH POKO)
17104080083_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP MANAJEMEN WAKTU BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V DI MI MUHAMMADIYAH POKO)
17104080083_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana penggunaan smartphone terhadap peserta didik kelas V di MI Muhammadiyah Poko, (2) bagaimana manajemen waktu belajar peserta didik kelas V di MI Muhammadiyah Poko di rumah, (3) bagaimana dampak dan upaya mengatasi manajemen waktu belajar terhadap smartphone kepada peserta didik kelas V MI Muhammadiyah Poko di rumah?. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh informasi atau temuan empiris tentang penggunaan smartphone, manajemen waktu yang dilakukan, serta dampak dan upaya pada peserta didik kelas V MI Muhammadiyah Poko mengenai penggunaan smartphone. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif dengan desain penelitian lapangan (field research). Pada penelitian ini hanya untuk mengetahui seberapa besar dampak penggunaan smartphone terhadap manajemen waktu belajar pada peserta didik kelas V MI Muhammadiyah Poko. Instrumen penelitan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sampel yang digunakan adalah 17 peserta didik yang berasal dari kelas V MI Muhammadiyah Poko, orang tua dari peserta didik kelas V MI Muhammadiyah Poko, dan guru kelas V MI Muhammadiyah Poko. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa semua peserta didik kelas V MI Muhammadiyah Poko yang berjumlah 17 anak sudah menggunakan smartphone, dan 5 anak diantaranya sudah diberikan smartphone pribadi oleh orang tuanya dengan tujuan smartphone dapat digunakan sebagai sarana penunjang peserta didik dalam belajar di rumah. Selain itu smartphone juga digunakan di sekolah sebagai Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS), dan di sekolah smartphone ini juga dipakai oleh guru sebegai media pembelajaran. Sementara itu, peserta didik ini masih membutuhkan bantuan orang tua dan guru untuk membatasi diri mengakses internet. Dalam praktiknya kebanyakan peserta didik tidak menggunakan smartphone dengan bijak. Peserta didik ini menunjukkan bahwa terkena dampak positif serta negatif dari penggunaan smartphone ini. Oleh karena itu sangat perlu beberapa upaya dilakukan untuk mengurangi hal tersebut. Upaya dari orang tua dan guru yaitu dengan berusaha mendampingi anak ketika menggunakan smartphone, mengatur jadwal keseharian anak, serta selalu mengingatkan anak untuk selalu mengerti kapan waktu untuk berhenti ketika bermain smartphone.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Alfian Eko Widodo Adi Prasetyo, M.Pd
Uncontrolled Keywords: manajemen waktu; smartphone; peserta didik
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 04 Jul 2023 10:40
Last Modified: 04 Jul 2023 10:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59408

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum