IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS X SMK PIRI SLEMAN TAHUN AJARAN 2021-2022

Nurhidayah, NIM: 18104010001 (2023) IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS X SMK PIRI SLEMAN TAHUN AJARAN 2021-2022. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS X SMK PIRI SLEMAN TAHUN AJARAN 2021-2022)
18104010001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS X SMK PIRI SLEMAN TAHUN AJARAN 2021-2022)
18104010001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu di SMK PIRI SLEMAN sudah menetapkan bahwa dalam pembelajaran harus memanfaatkan teknologi berkembang pada saat ini. Namun kurang profesionalnya guru dalam pemanfaatan media berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, yang menyebabkan kurang kondusif dan tidak tersampai dengan sepenuhnya pembelajaran kepada peserta didik. Penguasaan teknologi informasi dan Komunikasi oleh guru sangat diperlukan, dikarenakan jaman yang semakin berkembang dan mata pelajaran diharuskan untuk mengikuti atau menyesuaikan dengan kebutuhan jaman saat ini. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam tentang Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Dan Informasi Dan Komunikasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas X Di SMK PIRI Sleman. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan subjek penelitian guru PAI dan Budi Pekerti 1 (satu) orang, peserta didik 6 (enam) orang dan kepala sekolah. Untuk pengecekan keabsahan data digunakan perpanjangan penelitian, ketekunan pengamatan dan trigulasi. Teknik analisis data menggunakan beberapa komponen yang saling berkaitan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitan yang diperoleh: (1). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis TIK yang dilaksanakan oleh guru pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Piri Sleman kelas X sudah sesuai dengan langkah-langkah yang dirancang pada RPP. (2). Faktor penghambatnya pembelajaran Pendidikan agama Islam dengan pemanfaatan media pembelajaran berbasis TIK, ialah guru kurang dalam menguasai teknologi, dan fasilitas yang disediakan oleh pihak sekolah masih belum memadai sepenuhnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Nur Munajat M. Si
Uncontrolled Keywords: implementasi media pembelajaran; berbasis TIK
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 04 Jul 2023 11:19
Last Modified: 04 Jul 2023 11:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59410

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum