UPAYA GURU PAI DALAM EDUKASI DAMPAK MEDIA SOSIAL TERHADAP SIKAP TOLERANSI SISWA PENYANDANG DISABILITAS NETRA DI MTS LB/A YAKETUNIS

Yusuf Ariyanto, NIM.: 1810401005 (2023) UPAYA GURU PAI DALAM EDUKASI DAMPAK MEDIA SOSIAL TERHADAP SIKAP TOLERANSI SISWA PENYANDANG DISABILITAS NETRA DI MTS LB/A YAKETUNIS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU PAI DALAM EDUKASI DAMPAK MEDIA SOSIAL TERHADAP SIKAP TOLERANSI SISWA PENYANDANG DISABILITAS NETRA DI MTS LB/A YAKETUNIS)
18104010105_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU PAI DALAM EDUKASI DAMPAK MEDIA SOSIAL TERHADAP SIKAP TOLERANSI SISWA PENYANDANG DISABILITAS NETRA DI MTS LB/A YAKETUNIS)
18104010105_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan media sosial yang dilakukan oleh siswa/ siswi penyandang disabilitas tunanetra di MTS LB/ A YAKETUNIS Yogyakarta yang dilakukan secara berlebihan, sehingga mempengaruhi mereka dalam bertoleransi, baik terhadap sesama teman maupun terhadap guru di sekolah tersebut. Oleh karena itu, perlu adanya penelitian mengenai edukasi dampak media sosial terhadap siswa penyandang disabilitas tunanetra. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: untuk mengetahui dampak media sosial terhadap sikap toleransi siswa penyandang disabilitas netra di MTs LB/A Yaketunis. Untuk mengetahui upaya bagaimana mengatasi dampak negatif dari perkembangan media sosial terhadap sikap toleransi siswa penyandang disabilitas netra kelas 8 di MTs LB/A Yaketunis. Untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh guru pai dalam mengedukasi siswanya yang telah kecanduan media sosial, yang berpengaruh pada sikap toleransi mereka, baik toleransi terhadap guru dan toleransi terhadap sesama siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek guru PAI dan siswa/ siswi penyandang disabilitas tunanetra di MTS LB/ A YAKETUNIS Yogyakarta sebanyak 11 responden. Pengumpulan data menggunakan metode opservasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk pengujian hipotesis menggunakan analisis triamulasi. Hasil penelitian media sosial membawa dampak positif bagi siswa/ siswi penyandang disabilitas Netra di MTS LB/ A YAKETUNIS. Dengan perkembangan media sosial yang ada sekarang ini, mereka dimudahkan dalam berbagai hal. Akan tetapi, selain berdampak positif, media social juga berdampak negatif. Kebanyakan dari mereka yang telah terlanjur kecanduan dengan media sosial menjadi lupa waktu. Selain itu, media sosial juga membuat mereka berperilaku aneh. Terkadang mereka joget-joget tidak jelas akibat tiktok, berbicara kotor, dan melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Akhmad Soleh, S. Ag, MSI
Uncontrolled Keywords: dampak media sosial; sikap toleransi; penyandang disabilitas netra
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Media Sosial
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Kyai - Ustadz - Guru
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 04 Jul 2023 11:27
Last Modified: 04 Jul 2023 11:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59430

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum