EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA KOMIK TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII DI MTS NEGERI 6 KLATEN TAHUN AJARAN 2022/2023

Fahri Amina Akbar, NIM.: 18104020036 (2023) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA KOMIK TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII DI MTS NEGERI 6 KLATEN TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA KOMIK TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII DI MTS NEGERI 6 KLATEN TAHUN AJARAN 2022/2023)
18104020036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA KOMIK TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII DI MTS NEGERI 6 KLATEN TAHUN AJARAN 2022/2023)
18104020036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar bahasa Arab siswa dan kurang maksimalnya penggunaan media dalam pembelajaran bahasa Arab. Sehingga peneliti ingin menerapkan media komik sebagai solusi dari masalah tersebut. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media komik efektif dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Arab. Dengan harapan dengan adanya penelitian ini, peserta didik semakin termotivasi untuk belajar bahasa Arab dan guru semakin berinovasi terkait metode dan media pembelajaran sehingga proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Pada penelitian ini peneliti menggunakan desain penelitian Pre-test Posttest Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri 6 Klaten dengan menggunakan teknik convenience sampling yaitu menggunakan kelas yang sudah tersedia. Peneliti menggunakan dua kelas yaitu kelas VIII G sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang akan diberikan materi menggunakan media komik dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol yang akan diberikan materi menggunakan buku paket. Pengujian hipotesis menggunakan Independent Sample T Test, hasil yang diperoleh yakni nilai Sig. (1-tailed) sebesar 0.008. karena nilai Sig. (1-tailed) 0,008 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara akelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji Gain Ternormalisai diperoleh data yaitu 70,12% untuk kelas eksperimen (media komik) dimana nilai tersebut masuk kedalam kategori cukup efektif dan 42,48% untuk kelas kontrol (buku paket) dimana nilai tersebut masuk dalam ketegori kurang efektif. Karena adanya perbedaan maka hipotesis penelitian juga terjawab, yakni” Penggunaan media komik efektif terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa kelas VIII di MTs Negeri 6 Klaten Tahun Ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nurul Huda, S.S, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: efektivitas; media komik; Bahasa Arab; MTs Negeri 6 Klaten
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 04 Jul 2023 12:19
Last Modified: 04 Jul 2023 12:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59431

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum