PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TEKNIK MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELASVIIA MTS NURUL HUSNA ASAHAN SUMATERA UTARA

Riza Miftakhul Mujib Sgn, NIM.: 18104020090 (2023) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TEKNIK MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELASVIIA MTS NURUL HUSNA ASAHAN SUMATERA UTARA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TEKNIK MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELASVIIA MTS NURUL HUSNA ASAHAN SUMATERA UTARA)
18104020090_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TEKNIK MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELASVIIA MTS NURUL HUSNA ASAHAN SUMATERA UTARA)
18104020090_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui.bagaimana penerapan metode Make a Match dalam pembelajaran Bahasa Arab khususnya dalam meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab siswa kelas VII di MTs Nurul Husna Marjanji Aceh tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah experimental research dengan model pretest dan post-test control group. Populasi subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di MTsNurul Husna Marjanji Aceh dan sampel yang diambil adalah siswa kelas VII A sebagai kelas Eksperimen yang berjumlah 29 orang dan siswa kelas VII B sebagai kelas Kontrol yang berjumlah 25 orang. Teknik pengambilan sampel adalah teknik Purposive Sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrument soal pretest dan post-test, observasi, dan dokumentasi. Uji hipotesis data penelitian ini menggunakan uji paired sample t test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai Sig. (-2 tailed) uji paired sample t test kelas eksperimen sebesar 0,000< 0,050 dan rata-rata hasil post-test kelas ekperimen lebih tinggi dari hasil post-test kelas kontrol yaitu 74.79.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nurul Huda, S.S, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Bahasa Arab; metode make a match; pembelajaran kooperatif; hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 04 Jul 2023 12:20
Last Modified: 04 Jul 2023 12:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59432

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum