PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISCUSSION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB KELAS IVB SD MUHAMMADIYAH KARANGBENDO BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA

Indah Ramadhani Hasibuan, NIM.: 18104080005 (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISCUSSION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB KELAS IVB SD MUHAMMADIYAH KARANGBENDO BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISCUSSION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB KELAS IVB SD MUHAMMADIYAH KARANGBENDO BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA)
18104080005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISCUSSION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB KELAS IVB SD MUHAMMADIYAH KARANGBENDO BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA)
18104080005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Mempelajari bahasa Arab sangatlah penting bagi umat Islam karena kedudukannya dalam berbagai aspek sumber ajaran Islam seperti Al-Qur’an, dan Hadist yang mana keduanya sebagai sumber utama pedoman umat Islam. Dalam meningkatkan hasil belajar pada siswa perlu adanya model pembelajaran yang mendukung dan tepat di setiap proses belajar mengajar mengingat begitu banyak manfaat yang akan diperoleh dari mempelajari bahasa Arab pertama kalinya pada siswa sekolah dasar. Adapun hambatan yang terjadi pada siswa Kelas IVB SD Muhammadiyah Karangbendo. Menurut beberapa siswa pelajaran bahasa Arab sulit untuk dipelajari, siswa juga tidak terlalu menyukai pelajaran ini karena banyak dari mereka kurang memahami serta takut bertanya dengan guru bahasa Arab di kelas. Topik yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah penerapan model pembelajaran Small Group Discussion dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Arab Kelas IVB SD Muhammadiyah Karangbendo. (2) Bagaimana hasil belajar bahasa Arab sebelum dan sesudah menggunakan Model Pembelajaran Small Group Discussion di Kelas IVB SD Muhammadiyah Karangbendo. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan desain penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan model spiral Kemmis dan McTaggart. Sumber data yang diperoleh pada penelitian ini melalui observasi, hasil wawancara guru, siswa, test, serta dokumentasi pendukung dengan triangulasi sumber sebagai teknik pengecekan keabsahan data. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IVB SD Muhammadiyah Karangbendo. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian dalam penerapan model Pembelajaran Small Group Discussion untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Arab di kelas IVB SD Muhammadiyah Karangbendo Banguntapan Bantul Yogyakarta adalah: (1) Hasil penelitian penerapan model pembelajaran Small group Discussion yang dilaksanakan di kelas IVB SD Muhammadiyah Karangbendo dapat meningkatkan hasil belajar pada pelajaran bahasa Arab dengan persentase peningkatan yang baik dalam kategori tinggi. (2) Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasik belajar saat pra tindakan memperoleh skor rata-rata 53,57% dengan kategori rendah, dan setelah mengalami penerapan model Pembelajaran Small Group Discussion pada siswa kelas IVB SD Muhammadiyah Karangbendo mengalami peningkatan sebesar 25% dengan rincian siklus I dengan nilai rata-rata 67,85% dan siklus II dengan nilai rata-rata 78,57%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: H. Jauhar Hatta, S. Ag, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Bahasa Arab; hasil belajar; small group disscusion
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 04 Jul 2023 12:22
Last Modified: 04 Jul 2023 12:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59433

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum