PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERBASIS ISLAMIC-STEM MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TUMBUHAN SEBAGAI BAHAN AJAR MANDIRI SISWA SMA/MA

Iqna Isti’nafiyah As Silmi, NIM.: 18106080041 (2023) PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERBASIS ISLAMIC-STEM MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TUMBUHAN SEBAGAI BAHAN AJAR MANDIRI SISWA SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERBASIS ISLAMIC-STEM MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TUMBUHAN SEBAGAI BAHAN AJAR MANDIRI SISWA SMA/MA)
18106080041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERBASIS ISLAMIC-STEM MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TUMBUHAN SEBAGAI BAHAN AJAR MANDIRI SISWA SMA/MA)
18106080041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan, kelayakan, dan respon siswa terhadap modul biologi berbasis Islamic-STEM materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan yang dikembangkan sebagai bahan ajar mandiri siswa SMA/MA. Jenis penelitian ini merupakan penelitian R&D atau Reaserch and Development yang menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, lembar angket dan dokumentasi. Lembar angket digunakan untuk melakukan validasi produk kepada ahli media, ahli materi, respon guru biologi, dan siswa. Analisis data hasil penelitian menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul biologi dapat dikembangkan menggunakan model pengembangan ADDIE. Kelayakan modul biologi dilihat dari persentase validasi ahli media sebesar 97,8% dengan kategori sangat baik, ahli materi 84% dengan kategori sangat baik, dan guru biologi sebesar 92% dengan kategori sangat baik. Respon siswa dilihat dari hasil uji coba terbatas berupa uji coba skala kecil yang mendapatkan persentase sebanyak 83,37% dengan kategori sangat baik dan uji coba skala besar 80,2% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa modul biologi berbasis Islamic-STEM materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan mempunyai kualitas yang sangat baik atau sangat valid untuk digunakan sebagai bahan ajar mandiri

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Mike Dewi Kurniasih, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Modul; Islamic-STEM; pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan; bahan ajar mandiri.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 04 Jul 2023 12:43
Last Modified: 04 Jul 2023 12:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59436

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum