MANAJEMEN SISTEM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MIN 1 KOTA MADIUN

Bertiana Rizkika Nugrahini, NIM.: 18104020029 (2023) MANAJEMEN SISTEM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MIN 1 KOTA MADIUN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN SISTEM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MIN 1 KOTA MADIUN)
18104020029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN SISTEM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MIN 1 KOTA MADIUN)
18104020029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen sistem pembelajaran bahasa Arab di MIN 1 Kota Madiun beserta kelebihan dan kekurangannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dimana hasil penelitian akan dipaparkan secara deskripsi. Subjek dalam penelitian ini adalah waka kurikulum, waka sarana dan prasarana, serta guru-guru bahasa Arab MIN 1 Kota Madiun. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu pengumpulan data, mereduksi data yang sudah terkumpul, menganalisis data-data yang terkumpul dengan sistematis, serta mengambil kesimpulan dengan memilah data yang lebih penting. Hasil dari penelitian adalah manajemen sistem pembelajaran bahasa Arab di MIN 1 Kota Madiun dapat berjalan dengan lancar. Hal ini dapat ditinjau dari perencanaan sistem pembelajaran, dimana para guru bahasa Arab di MIN 1 Kota Madiun membuat program tahunan, program semester, silabus, dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Sedangkan dalam pengorganisasian sistem pembelajaran, guru-guru bahasa Arab menentukan pendekatan, strategi, metode, media, dan sumber belajar dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) menyesuaikan dengan kebutuhan peserta didik. Dalam pengarahan pembelajaran, guru menyampaikan materi pembelajaran dengan berbagai metode. Selain menyampaikan materi, guru juga memotivasi peserta didik. Dalam pengawasan pembelajaran, para guru bahasa Arab di MIN 1 Kota Madiun membagi penilaian menjadi tiga yaitu penilaian formatif, penilaian harian, dan penilaian akhir semester. Kelebihan dari manajemen sistem pembelajaran bahasa Arab di MIN 1 Kota Madiun yaitu adanya evaluasi tahunan, adanya tim penelaah sumber belajar, kurikulum yang menyesuaikan dengan kebutuhan, serta guru yang menggunakan berbagai metode pembelajaran. Sedangkan kekurangannya adalah beberapa guru masih jarang menggunakan media pembelajaran, minat peserta didik yang rendah, serta kesulitan yang dialami peserta didik tiap kelas berbeda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Zainal Arifin Ahmad, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Sistem, Pembelajaran, Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 04 Jul 2023 09:28
Last Modified: 04 Jul 2023 09:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59456

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum