PENGEMBANGAN E-BOOK BAHASA ARAB DENGAN APLIKASI FLIP PDF CORPORATE PADA SISWA KELAS 5 SD IT SALMAN AL FARISI MLATI YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2022/2023

Hasna Fatha Qonita, NIM.: 18104020073 (2023) PENGEMBANGAN E-BOOK BAHASA ARAB DENGAN APLIKASI FLIP PDF CORPORATE PADA SISWA KELAS 5 SD IT SALMAN AL FARISI MLATI YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN E-BOOK BAHASA ARAB DENGAN APLIKASI FLIP PDF CORPORATE PADA SISWA KELAS 5 SD IT SALMAN AL FARISI MLATI YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2022/2023)
18104020073_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN E-BOOK BAHASA ARAB DENGAN APLIKASI FLIP PDF CORPORATE PADA SISWA KELAS 5 SD IT SALMAN AL FARISI MLATI YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2022/2023)
18104020073_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Dunia yang semakin berkembang menuntut sebuah lembaga pendidikan untuk mengembangkan media pembelajaran yang diterapkan di sekolah sehingga pendidikan tidak tertinggal. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui kualitas e-book Bahasa Arab yang dikembangkan dengan aplikasi Flip PDF Corporate, (2) Untuk mengetahui respon peserta didik terhadap e-book Bahasa Arab yang dikembangkan dengan aplikasi Flip PDF Corporate, (3) Untuk mengetahui karakteristik e-book yang dikembangkan dengan aplikasi Flip PDF Corporate. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model 4D yang terdiri dari 4 tahap yaitu . Define (menganalisi kebutuhan), design (perancangan), develop (pengembangan), terakhir adalah tahap disseminate, (penyebaran produk). Subjek penelitian dalam penelitian pengembangan ini adalah 7 siswa kelas 5 dalam uji coba lapangan terbatas dan 18 siswa dalam uji coba lapangan luas. E-book Bahasa Arab yang dihasilkan kemudian divalidasi oleh 3 validator ahli, dosen sebagai ahli media, penulis buku bahan ajar Bahasa Arab sebagai ahli materi, dan guru Bahasa Arab. Teknik dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan angket. Sedangkan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket untuk melihat kualitas produk dan angket untuk mengetahui respon peserta didik terhadap produk yang dihasilkan. Hasil penilaian dari ketiga ahli dan respon peserta didik, kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan penjelasan skor dengan kriteria penilaian. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Kualitas e-book termasuk dalam kategori Sangat Baik (SB) dengan penyatuan skor rata-rata dari ketiga validator ahli 4,68 dengan presentase keidealan 93,6%. (2) Hasil respon siswa pada uji coba lapangan luas mendapat skor 0,98 dengan presentase keidealan 98,6%. termasuk dalam kategori Setuju (S). Setuju yang dimaksud dalam respon siswa adalah pernyataan siswa bahwa dari aspek perhatian, keterkaitan, kegunaan, dan keyakinan e-book yang dikembangkan dapat digunakan sebagai media pembelajaran Bahasa Arab Kelas 5 SD IT Salman Al Farisi Mlati (3) E-book yang didesain dengan Flip PDF Corporate memiliki desain yang lebih interaktif. Dengan tambahan video, audio, gambar, hyperlink, hingga latihan bebentuk kuis akan menambah ketertarikan siswa dalam belajar Bahasa Arab

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nurul Huda, S.S., M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, E-Book, Bahasa Arab, Flip PDF Corporate
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 04 Jul 2023 09:30
Last Modified: 04 Jul 2023 09:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59457

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum