PENGARUH SEKOLAH BERBASIS PESANTREN SMP AL ALBAB PAKIS MAGELANG TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS IX TAHUN 2022/2023

Richy Cahyadi, NIM.: 18104020076 (2023) PENGARUH SEKOLAH BERBASIS PESANTREN SMP AL ALBAB PAKIS MAGELANG TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS IX TAHUN 2022/2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH SEKOLAH BERBASIS PESANTREN SMP AL ALBAB PAKIS MAGELANG TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS IX TAHUN 2022/2023)
18104020076_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH SEKOLAH BERBASIS PESANTREN SMP AL ALBAB PAKIS MAGELANG TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS IX TAHUN 2022/2023)
18104020076_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana tingkat program berbasis pesantren di SMP Al Albab. 2) untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari program sekolah berbasis pesantren SMP Al Albab Pakis Magelang terhadap prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas IX tahun 2022/2023. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. sumber data berasal dari siswa, guru pengampu bahasa Arab, dan pengurus pondok pesantren, Metode pengumpulan data menggunakan observasi,dokumentasi, wawancara dan kuisioner. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana menggunakan aplikasi SPSS versi 21.0 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa; tingkat prestasi belajar siswa berada pada nilai rata-rata 82 dan termasuk dalam kategori interval sedang. Terdapat pengaruh dari Program berbasis pesantren terhadap prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas IX SMP Al Albab Pakis Magelang, hal tersebut diketahui setelah dilakukan pengujian signifikansi menunjukkan bahwa terdapat nilai probabilitas sebesar 0.000 < 0,05. hasil penelitan juga menunjukan bahwa presentase pengaruh dari sekolah berbasis pesantren terhadap prestasi belajar bahasa Arab adalah 55,2% sisanya 44,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam model penelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Nasiruddin, M. SI, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Sekolah Berbasis Pesantren, Prestasi Belajar, Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 04 Jul 2023 09:33
Last Modified: 04 Jul 2023 09:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59458

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum