PERAN ORANG TUA TERHADAP KESIAPAN ANAK MASUK SEKOLAH DASAR DI KELOMPOK B TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL (ABA) KARANGBENDO BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA

Nining Indriani, NIM.: 18104030076 (2023) PERAN ORANG TUA TERHADAP KESIAPAN ANAK MASUK SEKOLAH DASAR DI KELOMPOK B TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL (ABA) KARANGBENDO BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN ORANG TUA TERHADAP KESIAPAN ANAK MASUK SEKOLAH DASAR DI KELOMPOK B TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL (ABA) KARANGBENDO BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA)
18104030076_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERAN ORANG TUA TERHADAP KESIAPAN ANAK MASUK SEKOLAH DASAR DI KELOMPOK B TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL (ABA) KARANGBENDO BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA)
18104030076_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi masalah yang ditemukan di lapangan yang menunjukkan bahwa perkembangan anak yang belum optimal, sosial emosional anak yang masih belum bisa di kontrol, perilaku anak yang berbeda dengan anak lainnya sehingga mempengaruhi persiapan anak masuk sekolah dasar. Orang tua sangat berperan penting dalam hal masa transisi anak agar menghasilkan kesiapan bersekolah yang optimal. Peran tersebut berupa tanggung jawab terhadap kesiapan sekolah anak, motivator bagi anak, sebagai panutan, sebagai pengawas dan sebagai tempat bertanya anak sehingga semua kebutuhan dalam kesiapan sekolah anak terpenuhi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana peran orang tua dalam kesiapan anak masuk Sekolah Dasar di kelompok B TK ABA Karangbendo Banguntapan Bantul Yogyakarta serta mendeskripsikan tentang factor pendukung dan penghambat orang tua dalam kesiapan anak masuk Sekolah Dasar di kelompok B TK ABA Karangbendo Banguntapan Bantul Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan serta verifikasi. Subyek penelitian yaitu dari wali murid dengan jumlah enam narasumber sedangkan uji keabsahan data yang digunakan adalah trigulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) orang tua perlu kesiapan anak masuk Sekolah Dasar yaitu: menanamkan pendidikan formal dan non formal dalam membentuk karakter anak menjadi lebih disiplin, berjiwa sosial, cerdas dalam kemampuan intelektualitasnya serta belajar bertanggung jawab (2) faktor penghambat dan pendukung orang tua dalam kesiapan anak masuk Sekolah Dasar yaitu faktor pendukungnya ialah orang tua telah menabung untuk persiapan anak masuk Sekolah Dasar dan memberi fasilitas untuk anak sedangkan faktor penghambat orang tua dalam kesiapan anak masuk Sekolah Dasar yaitu kurangnya pemahaman orang tua terhadap konsep pendidikan anak, motivasi orang tua, lingkungan serta latar belakang sosial ekomoni orang tua sehingga berdampak pada anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Nadlifah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Orang Tua, Kesiapan Sekolah, Anak Usia Dini
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 04 Jul 2023 09:38
Last Modified: 04 Jul 2023 09:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59459

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum