Alif Nur Rohman, NIM.: 19104010019 (2023) EFEKTIVITAS PEMANFAATAN TEKNOLOGI APLIKASI AYAT AL-QUR’AN TERHADAP HAFALAN AL-QUR’AN DI KELAS XI SMAN 1 SEDAYU TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (EFEKTIVITAS PEMANFAATAN TEKNOLOGI APLIKASI AYAT AL-QUR’AN TERHADAP HAFALAN AL-QUR’AN DI KELAS XI SMAN 1 SEDAYU TAHUN AJARAN 2022/2023)
19104010019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
Text (EFEKTIVITAS PEMANFAATAN TEKNOLOGI APLIKASI AYAT AL-QUR’AN TERHADAP HAFALAN AL-QUR’AN DI KELAS XI SMAN 1 SEDAYU TAHUN AJARAN 2022/2023)
19104010019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Peserta didik dituntut untuk menghafalkan ayat-ayat Al-Qur’an demi penguasaan materi pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Salah satu metode yang sering digunakan dalam menghafal Al-Qur’an adalah metode talaqqi. Akan tetapi, dalam praktiknya terdapat beberapa kelemahan dalam penggunaan metode talaqqi. Aplikasi Ayat Al-Qur’an dapat digunakan untuk membantu peserta didik dalam menghafal ayat-ayat Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan teknologi Aplikasi Ayat Al-Qur’an terhadap hafalan Al-Qur’an dan peningkatan hafalan Al-Qur’an peserta didik di SMAN 1 Sedayu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dan menggunakan desain kuasi eksperimen. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, tes, dan wawancara. Analisis data menggunakan metode independent-sample t test. Hasil penelitian ini adalah : Adanya efektivitas pemanfaatan Aplikasi Ayat Al-Qur’an terhadap hafalan Al-Qur’an dan peningkatan hafalan Al-Qur’an peserta didik di SMAN 1 Sedayu yang dilakukan di kelas eksperimen (XI MIPA 1) dengan hasil (sig.2-tiled) 0,66 untuk data pretest, dan (sig.2-tiled) 0,000 untuk data posttest. Di mana kriteria pengambilan keputusan dari hasil pretest adalah jika (sig.2-tiled) > 0,05, maka tidak ada perbedaan yang signifikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Lain halnya dengan kriteria pengambilan keputusan hasil posttest adalah jika (sig.2-tiled) < 0,05, maka ada perbedaan yang signifikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal tersebut juga dapat dilihat dari nilai N-gain pada masing-masing kelas yang menunjukkan peningkatan kategori yang berbeda. Kelas eksperimen memiliki nilai N-gain dengan harga 0,48 yang masuk pada kategori sedang sedangkan kelas kontrol memiliki nilai N-gain dengan harga 0,16 yang masuk pada kategori rendah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Ahmad Hanany Naseh, MA |
Uncontrolled Keywords: | aplikasi ayat Al-Qur’an; hafalan Al-Qur’an; metode talaqqi |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam Teknologi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
Date Deposited: | 04 Jul 2023 13:39 |
Last Modified: | 04 Jul 2023 13:39 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59472 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |