EKSPERIMENTASI METODE READING GUIDE DALAM PEMBELAJARAN MAHARAH AL-QIRA’AH DI KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 5 BANTUL TAHUN AJARAN 2022/2023

Zulfa Tsalitsatul Muna, NIM.: 19104020023 (2023) EKSPERIMENTASI METODE READING GUIDE DALAM PEMBELAJARAN MAHARAH AL-QIRA’AH DI KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 5 BANTUL TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EKSPERIMENTASI METODE READING GUIDE DALAM PEMBELAJARAN MAHĀRAH AL-QIRĀ’AH DI KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 5 BANTUL TAHUN AJARAN 2022/2023)
19104020023_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EKSPERIMENTASI METODE READING GUIDE DALAM PEMBELAJARAN MAHĀRAH AL-QIRĀ’AH DI KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 5 BANTUL TAHUN AJARAN 2022/2023)
19104020023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lemahnya keterampilan membaca (mahārah al-qirā’ah) peserta didik dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Negeri 5 Bantul. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui proses pembelajaran mahārah al-qirā’ah dengan menggunakan metode reading guide di kelas VII MTs Negeri 5 Bantul. 2) Untuk mengetahui perbedaan antara nilai mahārah al-qirā’ah kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Objek penelitian yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Adapun tes dalam penelitian ini meliputi pre-test dan post-test. Untuk menguji keabsahan instrumen dilakukan uji validitas menggunakan rumus Korelasi Product Moment Karl Pearson, dan uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach’s. Persyaratan analisis data meliputi uji normalitas dengan rumus Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas dengan rumus Analisis Varian. Adapun analisis data menggunakan uji Mann Whitney dan uji Wilcoxon dengan bantuan program SPSS 25. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara nilai mahārah al-qirā’ah kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Perbedaan ini dapat dilihat dari rata-rata nilai post-test kelas eksperimen sebesar 66,49 sedangkan pada kelas kontrol hanya sebesar 55,89. Dan berdasarkan hasil uji Mann Whitney diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai mahārah al-qirā’ah peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode reading guide dapat dijadikan sebagai solusi alternatif dalam pembelajaran maharāh al-qirā’ah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Nurhadi, S.Ag., M.A
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Reading Guide, Mahārah Al-Qira’ah
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 04 Jul 2023 11:28
Last Modified: 04 Jul 2023 11:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59476

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum