IMPLEMENTASI MEDIA UNO STACKO DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA SISWA KELAS V SDIT SALSABILA 8 PANDOWOHARJO TAHUN AKADEMIK 2022/2023

Delia Marliana Nurlidya, NIM.: 19104020032 (2023) IMPLEMENTASI MEDIA UNO STACKO DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA SISWA KELAS V SDIT SALSABILA 8 PANDOWOHARJO TAHUN AKADEMIK 2022/2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MEDIA UNO STACKO DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA SISWA KELAS V SDIT SALSABILA 8 PANDOWOHARJO TAHUN AKADEMIK 2022/2023)
19104020032_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MEDIA UNO STACKO DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA SISWA KELAS V SDIT SALSABILA 8 PANDOWOHARJO TAHUN AKADEMIK 2022/2023)
19104020032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman dan kemampuan siswa mengenai pelajaran bahasa Arab khususnya pada pemahaman kosakata bahasa Arab. Salah satu upaya yang dilakukan dalam permasalahan tersebut adalah dengan cara menggun akan media pembelajaran untuk membantu proses pembelajaran menjadi lebih menarik . Media yang digunakan sebagai alat untuk membantu meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa dalam penelitian ini adalah media Uno Stacko . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi media Uno Stacko dan ada tidaknya perbedaan kemampuan kosakata siswa antara sebelum dan sesudah implementasi media Uno Stacko Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan ti tik ukur penyajian data dalam bentuk angka. Metode pengumpulan data yang dilakukan dengan metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Tes yang dilakukan berupa pretest dan posttest . Kemudian untuk melihat ada dan tidaknya perbedaan kemampuan kosakata siswa antara sebelum dan sesudah implementasi media Uno Stacko , dilakukan teknik analisis data dengan menggunakan analisis paired sampel t test , uji normalized gain ( N Gain dan triangulasi metode Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pembelajaran dengan menggunakan media Uno Stacko dimulai dengan guru membagi siswa menjadi 3 4 kelompok, setiap kelompok wajib mengirimkan satu orang perwakilan untuk mengambil Uno Stacko, dilanjutkan dengan mengambil satu kosakata yang telah disediakan di dalam gelas, setiap kelompok diberikan waktu 10 detik untuk menghafal kosakata yang telah diambil, kemudian kelompok tersebut mendelegasikan satu orang yang berbeda untuk menuliskan kosaka ta yang telah dihafalnya di papantulis. dihafalnya di papantulis. Hal tersebut Hal tersebut dilakukan berulangdilakukan berulang--ulang sampai semua ulang sampai semua anggota kelompok bermain. anggota kelompok bermain. 2) N2) Nilai ilai pretest pretest dan dan posttest posttest siswa mengalami siswa mengalami peningkatan. peningkatan. BBerdasarkan analisis erdasarkan analisis paired sampel tpaired sampel t--test test dengan bantuan aplikasi dengan bantuan aplikasi SPSS 25 yang dSPSS 25 yang diperoleh nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,000 yang mana nilai iperoleh nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,000 yang mana nilai tersebut lebih kecil dari 0,05. Sehingga dengan hasil tersebut dapat diambil tersebut lebih kecil dari 0,05. Sehingga dengan hasil tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa Hkesimpulan bahwa H00 ditolak dan Hditolak dan Haa diterima, dengan kata lain terdapat diterima, dengan kata lain terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum daperbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan media n sesudah menggunakan media Uno Uno StackoStacko terhadap peningkatan kemampuan kosakata siswa kelas V SDIT Salsabila terhadap peningkatan kemampuan kosakata siswa kelas V SDIT Salsabila 8 Pandowoharjo Sleman. 8 Pandowoharjo Sleman. Sedangkan untuk mengukur selisih antara nilai Sedangkan untuk mengukur selisih antara nilai pretest pretest dan nilai dan nilai posttest posttest dilakukan uji Ndilakukan uji N--gain score.gain score. Hasil uji NHasil uji N--Gain menunjukkan Gain menunjukkan bahwa peningkatan kosakata siswa setelah menggunakan media bahwa peningkatan kosakata siswa setelah menggunakan media Uno Stacko Uno Stacko menempati taraf sedang yaitu dengan ratamenempati taraf sedang yaitu dengan rata--rata sebesar 0, 5072.rata sebesar 0, 5072.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Ibu Dr. Dailatus Syamsiyah, M .Ag.
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Uno Stacko, Peningkatan Kosakata
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 04 Jul 2023 11:36
Last Modified: 04 Jul 2023 11:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59478

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum