BUKU AJAR BAHASA ARAB KELAS XII MADRASAH ALIYAH KEMENTERIAN AGAMA TAHUN 2020 (ANALISIS KESALAHAN MORFOSINTAKSIS)

Abd Latif Al Hakim, NIM.: 19104020033 (2023) BUKU AJAR BAHASA ARAB KELAS XII MADRASAH ALIYAH KEMENTERIAN AGAMA TAHUN 2020 (ANALISIS KESALAHAN MORFOSINTAKSIS). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BUKU AJAR BAHASA ARAB KELAS XII MADRASAH ALIYAH KEMENTERIAN AGAMA TAHUN 2020 (ANALISIS KESALAHAN MORFOSINTAKSIS))
19104020033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BUKU AJAR BAHASA ARAB KELAS XII MADRASAH ALIYAH KEMENTERIAN AGAMA TAHUN 2020 (ANALISIS KESALAHAN MORFOSINTAKSIS))
19104020033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang kesalahan berbahasa aspek morfologi Arab dan sintaksis Arab yang terjadi dalam buku ajar bahasa Arab kelas XII Madrasah Aliyah Kementerian Agama tahun 2020. Tidak hanya membahas tentang kesalahan-kesalahan morfologi Arab dan sintaksis Arab yang terdapat dalam buku tersebut, namun juga disertai dengan adanya upaya pembetulan sebagai evaluasi dan pemaparan hasil analisis yang telah dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan sifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Adapun objek penelitian menggunakan buku ajar bahasa Arab kelas XII Madrasah Aliyah Kementerian Agama tahun 2020 dengan menggunakan analisis isi (content analysis) sebagai teknik analisis data.. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa adanya kesalahan-kesalahan berbahasa aspek morfologi Arab dan sintaksis Arab. (1) Kesalahan dalam aspek morfologi Arab ditemukan, teridentifikasi dalam 28 kategori. Jumlah temuan kasus kesalahan pada aspek morfologi Arab berjumlah 19 kesalahan, dengan rincian sebagai berikut: kategori isim mansûb sebanyak 15 kesalahan dan kategori isim jâmid sebanyak 4 kesalahan. (2) Kesalahan dalam aspek sintaksis Arab ditemukan, teridentifikasi dalam 40 kategori. Jumlah temuan kasus kesalahan pada aspek sintaksis berjumlah 12 kesalahan, dengan rincian berikut: kategori fâ„il sebanyak 2 kesalahan, kategori mubtada‟ sebanyak 1 kesalahan, kategori munâdâ sebanyak 1 kesalahan, kategori jâr majrûr sebanyak 2 kesalahan, kategori i âfah sebanyak 2 kesalahan, kategori isim gairu mun arif sebanyak 1 kesalahan, kategori „adad murakkab sebanyak 1 kesalahan dan kategori fi„il mu âri„ sebanyak 2 kesalahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Agung Setiyawan., S. Pd. I., M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Buku Ajar Bahasa Arab, Analisis Kesalahan, Morfosintaksis
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 04 Jul 2023 11:38
Last Modified: 04 Jul 2023 11:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59479

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum