EFEKTIVITAS METODE MENGHAFAL AL QUR’AN ALA MAROKO (LAUH) DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS PESERTA DIDIK KELAS IX SMP ALFA ALI MASYKUR WONOSOBO

Nazhati Mu’tabiroh, NIM.: 19104010117 (2023) EFEKTIVITAS METODE MENGHAFAL AL QUR’AN ALA MAROKO (LAUH) DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS PESERTA DIDIK KELAS IX SMP ALFA ALI MASYKUR WONOSOBO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS METODE MENGHAFAL AL QUR’AN ALA MAROKO (LAUH) DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS PESERTA DIDIK KELAS IX SMP ALFA ALI MASYKUR WONOSOBO)
19104010117_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS METODE MENGHAFAL AL QUR’AN ALA MAROKO (LAUH) DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS PESERTA DIDIK KELAS IX SMP ALFA ALI MASYKUR WONOSOBO)
19104010117_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya pencapaian peserta didik dari nilai standar minimum placement-test SMP Alfa Ali Masykur walaupun telah mempelajari materi yang diujikan. Selain itu, beberapa peserta didik sampai pada kelas IX belum begitu mahir dalam menuliskan ayat Al Qur’an khususnya ayat-ayat yang telah disetorkan hafalannya. Oleh sebab itu, peneliti menggunakan metode Lauh dalam proses hafalan ayat Al Qur’an dengan tujuan untuk: 1) Mengetahui besarnya efektivitas metode menghafal lauh dalam meningkatkan pemahaman kognitif pada mata pelajaran Al Qur’an Hadis. 2) Mengetahui respon peserta didik terhadap penggunaan metode menghafal lauh dalam hafalan ayat Al Qur’an pada mata pelajaran Al Qur’an Hadis. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode quasy experimental design dan desain penelitian berupa nonequivalent control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Alfa Ali Masykur dengan kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki jumlah peserta didik yang sama yakni masing-masing kelas sebanyak 29 peserta didik. Adapun teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes dan angket. Uji keabsahan pada penelitian ini menggunakan uji validitas dengan teori matriks Gregory dan uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Dilanjutkan dengan uji prasyarat yakni uji normalitas dan uji homogenitas. Uji analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis N-Gain digunakan untuk mengetahui besarnya efektivitas dan uji statistik deskriptif digunakan untuk mengetahui respon peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Analisis uji N-Gain yang digunakan untuk mengetahui besarnya efektivitas metode yang diterapkan, pada kelas kontrol menunjukkan hasil sebesar 1,51% dan analisis uji N-Gain pada kelas eksperimen menunjukkan hasil sebesar 59,03% sehingga dapat disimpulkan bahwa keefektifan metode pada kelas kontrol masuk pada kategori tidak efektif dan keefektifan metode pada kelas eksperimen masuk pada kategori cukup efektif. Hasil analisis juga didapatkan dari perbedaan rata-rata yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, dengan rata-rata nilai kelas kontrol sebesar 67,5 dan rata-rata nilai yang didapat dari kelas eksperimen sebesar 87,03. 2) Hasil respon peserta didik selama pembelajaran menggunakan metode hafalan lauh yang dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif mendapat hasil ratarata sebesar 63,10 dan mendapatkan kategori antusias.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Ahmad Hanany Naseh, M.A
Uncontrolled Keywords: Metode Lauh; efektivitas; respon; kognitif
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 04 Jul 2023 13:45
Last Modified: 04 Jul 2023 13:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59481

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum