BENTUK-BENTUK BULLYING RELASIONAL YANG BERDAMPAK TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI REMAJA DI MI DARUN NAJAH GADING MOJOKERTO

Reffin Laily Nur Widyani, NIM.: 19104010137 (2023) BENTUK-BENTUK BULLYING RELASIONAL YANG BERDAMPAK TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI REMAJA DI MI DARUN NAJAH GADING MOJOKERTO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BENTUK-BENTUK BULLYING RELASIONAL YANG BERDAMPAK TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI REMAJA DI MI DARUN NAJAH GADING MOJOKERTO)
19104010137_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BENTUK-BENTUK BULLYING RELASIONAL YANG BERDAMPAK TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI REMAJA DI MI DARUN NAJAH GADING MOJOKERTO)
19104010137_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Adanya tindak penindasan yang terjadi secara sosial diantara para siswa di kelas VI MI Darun Najah Gading, Mojokerto seperti mengucilkan, mengabaikan dll. Apabila anak dalam usia ini (remaja awal hingga remaja lanjut) mengalami bullying secara terus menerus, maka rasa percaya diri anak akan menurun. Anak bisa jadi memunculkan perilaku negatif seperti malas pergi ke sekolah, pesimis, takut berinteraksi dengan orang lain, dan selalu menarik diri dari lingkungan sekitar sehingga mengakibatkan terhambatnya proses pengembangan diri. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja bentuk, dampak dan upaya dalam menangani bullying relasional di kelas VI MI Darun Najah Gading Mojokerto. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif di MI Darun Najah Gading, Mojokerto Tahun Ajaran 2022/2023. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI (yang melakukan dan mengalami bullying relasional), guru kelas, guru PAI, dan kepala sekolah yang ditentukan dengan mengunakan teknik purposive yang bersifat snowball sampling. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik keabsahan data yang digunakan adalah dengan triangulasi sumber. Peneliti menemukan lima bentuk bullying relasional yang dilakukan oleh siswa kelas VI MI Darun Najah Gading, Mojokerto, yaitu: menyebarkan fitnah, menyindir, mengabaikan, menghasut orang lain untuk menjauhi korban, dan mengucilkan. Dampak yang ditimbulkan oleh bullying relasional terhadap kepercayaan diri siswa kelas VI MI Darun Najah Gading, Mojokerto terbagi menjadi dua yaitu positif dan negatif. Dampak positifnya anak menjadi bertanggung jawab, sedangkan dampak negatifnya anak menjadi pesimis, tidak rasional dan tidak realistis. Upaya yang dilakukan MI Darun Najah Gading, Mojokerto untuk menangani kasus bullying relasional adalah melibatkan dalam kegiatan-kegiatan konstruktif dan edukatif seperti (ngaji morning, istighosah, do’a Bersama, infaq, dan shalat berjamaah), memberikan teladan yang baik, pendampingan dan pemberian motivasi, dan penegakan kedisiplinan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Eva Latipah, S. Ag., S. Psi., M. Si
Uncontrolled Keywords: bullying; relasional; remaja
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Psikologi > Psikologi Remaja
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 04 Jul 2023 13:48
Last Modified: 04 Jul 2023 13:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59482

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum