STUDI KOMPARASI BUKU “ILMU NAHWU UNTUK PEMULA” KARYA ABU RAZIN DAN UMMU RAZIN DENGAN BUKU “NAḤWU I‘RAB METODE SEBARKAN” KARYA ABU UMAR DAUD ABDU ROBBIL HAQ (DITINJAU DARI SEGI PENYAJIAN MATERI)

Boby Bagas Purnama, NIM.: 19104020029 (2023) STUDI KOMPARASI BUKU “ILMU NAHWU UNTUK PEMULA” KARYA ABU RAZIN DAN UMMU RAZIN DENGAN BUKU “NAḤWU I‘RAB METODE SEBARKAN” KARYA ABU UMAR DAUD ABDU ROBBIL HAQ (DITINJAU DARI SEGI PENYAJIAN MATERI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI KOMPARASI BUKU “ILMU NAḤWU UNTUK PEMULA” KARYA ABU RAZIN DAN UMMU RAZIN DENGAN BUKU “NAḤWU I‘RAB METODE SEBARKAN” KARYA ABU UMAR DAUD ABDU ROBBIL HAQ (DITINJAU DARI SEGI PENYAJIAN MATERI))
19104020029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STUDI KOMPARASI BUKU “ILMU NAḤWU UNTUK PEMULA” KARYA ABU RAZIN DAN UMMU RAZIN DENGAN BUKU “NAḤWU I‘RAB METODE SEBARKAN” KARYA ABU UMAR DAUD ABDU ROBBIL HAQ (DITINJAU DARI SEGI PENYAJIAN MATERI))
19104020029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Setiap pengarang harus memperhatikan kualitas dari buku teks yang dikarangnya karena kualitas buku teks tersebut akan berdampak pada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui presentasi materi yang terdapat pada buku Ilmu Naḥwu Untuk Pemula dan buku Naḥwu I‘rab Metode Sebarkan serta komparasi antara keduanya. Penelitian ini merupakan studi kepustakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif. Objek penelitian ini berupa presentasi materi pada buku Ilmu Naḥwu Untuk Pemula dan buku Naḥwu I‘rab Metode Sebarkan. Sumber data primer terdiri dari buku Ilmu Naḥwu Untuk Pemula dan buku Naḥwu I‘rab Metode Sebarkan sedangkan sumber data sekunder ialah buku Language Teaching Analysis dan buku-buku atau jurnal-jurnal ilmiah yang relevan dengan penelitian ini. Metode pengumpulan data meliputi wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan ialah analisis isi (content analysis). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) prosedur presentasi isi materi yang terdapat pada buku Ilmu Naḥwu untuk Pemula hanya meliputi prosedur diferensial dan prosedur kontekstual, (2) prosedur presentasi isi materi yang terdapat pada buku Naḥwu I‘rab Metode Sebarkan hanya meliputi prosedur diferensial dan prosedur kontekstual, serta (3) berdasarkan analisis dengan teori presentasi yang dikemukakan Mackey, menunjukkan bahwa buku Ilmu Naḥwu untuk Pemula lebih unggul. Hal ini terletak pada prosedur diferensial yang berisi rumus sakti agar memudahkan peserta didik dalam memahami materi, setiap penjelasan pada buku Ilmu Naḥwu untuk Pemula disesuaikan dan dibandingkan dengan tata bahasa Indonesia agar peserta didik dapat lebih mudah memahami tata bahasa Arab sehingga buku Ilmu Naḥwu untuk Pemula lebih cocok digunakan oleh peserta didik yang ingin memahami ilmu naḥwu lebih mendalam sedangkan buku Naḥwu I‘rab Metode Sebarkan cocok digunakan oleh peserta didik yang hanya sebatas mengetahui kaidah ilmu naḥwu secara umum karena prosedur diferensial yang terdapat pada buku Naḥwu I‘rab Metode Sebarkan lebih banyak menggunakan aspek definisi dan kaidah secara singkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Agung Setiyawan, S.Pd.I., M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: studi komparasi, buku teks, presentasi materi, ilmu naḥwu
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 05 Jul 2023 08:42
Last Modified: 05 Jul 2023 08:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59483

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum