PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA YANG TINGGAL DI PESANTREN DENGAN YANG TINGGAL DI RUMAH PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS VI DI MI DARUL QUR'AN WONOSARI

Widyanningrum Dewantari, NIM.: 19104080010 (2023) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA YANG TINGGAL DI PESANTREN DENGAN YANG TINGGAL DI RUMAH PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS VI DI MI DARUL QUR'AN WONOSARI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA YANG TINGGAL DI PESANTREN DENGAN YANG TINGGAL DI RUMAH PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS VI DI MI DARUL QUR'AN WONOSARI)
19104080010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA YANG TINGGAL DI PESANTREN DENGAN YANG TINGGAL DI RUMAH PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS VI DI MI DARUL QUR'AN WONOSARI)
19104080010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara nyata bagaimanakah perbedaan hasil belajar kognitif antara siswa yang tinggal di pesantren dengan yang tinggal di rumah pada pembelajaran tematik kelas VI di MI Darul Qur’an Wonosari. Dengan mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif tersebut dapat menjadi bahan informasi yang berguna bagi pihak-pihak terkait khususnya pelaksana pendidikan di lapangan maupun penentu kebijakan untuk mengadakan kegiatan belajar baik itu di pesantren, rumah maupun sekolah dengan lebih baik dan efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis komparatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VI MI Darul Qur’an Wonosari dengan jumlah 58 siswa. Adapun untuk sampelnya diambil menggunakan teknik simple random sampling. Maka sampel diperoleh sebanyak 40 siswa yang terdiri dari 20 siswa yang tinggal di pesantren dan 20 siswa yang tinggal di rumah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes bentuk soal pilihan ganda materi pembelajaran tematik. Pengambilan data penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Data yang diperoleh diujikan menggunakan uji prasyarat analisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Selanjutnya data penelitian dilakukan uji hipotesis dengan mengunakan uji independent sample t-test. Pengujian dalam penelitian diperoleh nilai siswa yang tinggal di rumah lebih unggul dengan rata-rata hasil belajar tematik sebesar 25,15, sedangkan siswa yang tinggal di pesantren rata-rata hasil belajar tematiknya sebesar 20,40. Dari hasil tersebut menujukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kognitif dalam pembelajaran tematik di kelas VI MI Darul Qur’an Wonosari. Hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung > t tabel = 2,165 > 1,686 yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Selain nilai dilihat dari ketentuan t hitung, dapat juga dilihat nilai probabilitas Sig. (2 tailed) dimana 0,037 < 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Andhika Yahya Putra M.Or
Uncontrolled Keywords: Perbandingan Hasil Belajar, Pembelajaran Tematik, Pembelajaran Pondok Pesantren
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 Jul 2023 08:49
Last Modified: 05 Jul 2023 08:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59516

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum