PENERAPAN METODE TERAPI BELAJAR APPLIED BEHAVIOR ANALYSIS (ABA) DALAM PEMBELAJARAN BINA DIRI ANAK DENGAN GANGGUAN SPEKTRUM AUTISME DI SLB BINA ANGGITA YOGYAKARTA

Shabrina Salsabila, NIM.: 19104080018 (2023) PENERAPAN METODE TERAPI BELAJAR APPLIED BEHAVIOR ANALYSIS (ABA) DALAM PEMBELAJARAN BINA DIRI ANAK DENGAN GANGGUAN SPEKTRUM AUTISME DI SLB BINA ANGGITA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE TERAPI BELAJAR APPLIED BEHAVIOR ANALYSIS (ABA) DALAM PEMBELAJARAN BINA DIRI ANAK DENGAN GANGGUAN SPEKTRUM AUTISME DI SLB BINA ANGGITA YOGYAKARTA)
19104080018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE TERAPI BELAJAR APPLIED BEHAVIOR ANALYSIS (ABA) DALAM PEMBELAJARAN BINA DIRI ANAK DENGAN GANGGUAN SPEKTRUM AUTISME DI SLB BINA ANGGITA YOGYAKARTA)
19104080018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Gangguan Spektrum Autisme (GSA) merupakan suatu gangguan neurobiologis berat yang dapat mempengaruhi ranah interaksi sosial, bahasa, dan perilaku. Apabila tidak ditangani dengan baik, maka akan mempengaruhi kualitas hidup penyandangnya terutama pada kemampuan bina diri mereka untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka dibutuhkan penerapan terapi yang berfokus pada pengembangan diri seperti terapi Applied Behavior Analysis (ABA) yang dipelopori oleh O. Ivaar Lovaas. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Karakteristik anak dengan GSA di SLB Bina Anggita Yogyakarta; dan (2) Penerapan metode terapi belajar ABA dalam pembelajaran bina diri anak dengan GSA di SLB Bina Anggita Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi dan wawancara yang kemudian dianalisis menggunakan teknik Miles dan Hubberman. Adapun subyek penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, 3 guru SLB Bina Anggita, 3 peserta didik dengan GSA, dan 3 orang tua. Data dalam penelitian diperoleh berdasarkan hasil asesmen penilaian fungsional, hasil wawancara dengan kepala sekolah, orang tua maupun guru, catatan lapangan untuk mencatat keadaan selama aktivitas pembelajaran peserta didik, catatan kurikulum, hasil evaluasi peserta didik, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Setiap peserta didik usia SDLB di SLB Bina Anggita Yogyakarta memiliki karakteristik dan masalah yang beragam antara satu dengan lainnya; (2) Dalam konteks pembelajaran bina diri, guru di SLB Bina Anggita Yogyakarta menggunakan pendekatan terapi ABA secara terstruktur dengan melibatkan tiga tahapan utama yakni pemberian imbalan dan hukuman (punishment and reward) pemberian intruksi (giving instructions) dan perintah satu tahap (single-step instruction). Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pemahaman tentang karakteristik anak dengan GSA di SLB Bina Anggita Yogyakarta. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar untuk merancang program pendidikan inklusi yang lebih efektif, memperkuat pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan anak-anak dengan GSA, serta memberikan pemahaman yang lebih baik kepada guru dan pihak terkait dalam mendukung perkembangan anak-anak dengan GSA di lingkungan pendidikan inklusi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sigit Prasetyo, M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: Gangguan Spektrum Autisme, Masalah Perilaku, Terapi Applied Behavior Analysis, SLB Bina Anggita Yogyakarta
Subjects: DISABILITAS
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 Jul 2023 09:01
Last Modified: 05 Jul 2023 09:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59517

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum